Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS

Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS

Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS – Semenjak Warga Indonesia mengalami wabah Virus COVID-19, Banyak Warga Indonesia yang mulai merasakan kesusahan. Para pekerja di PHK, Pengusaha mengalami keturunan Omset yang sangat drastis, tak kalah juga dengan para pedagang UMKM yang mengalami penurunan Omset. Virus COVID-19 sangat berdampak sekali bagi kehidupan warga indonesia. 

Pastinya Pemerintah Indonesia sangat kewalahan menghadapi kondisi rakyatnya yang sudah cukup menderita karena mengalami dampak Virus Covid ini. Oleh karena itu, Kementrian Sosial membuat suatu Aplikasi untuk membantu rakyat indonesia  meringankan beban Rakyat Indonesia dengan cara menyalurkan bantuan sosial (Bansos). Aplikasi Bantuan Sosial ini sangat bermanfaat sekali untuk Rakyat Indonesia, dengan sangat mudahnya Rakyat Indonesia bisa selalu mengetahui Cek Bansos melalui suatu Aplikasi. 

Aplikasi Cek Bantuan Sosial ini atau bisa disebut dengan Aplikasi Cek Bansos, mempunyai beberapa menu. Bagian menu yang pertama yaitu bernama Usul, Yang kedua adalah Sanggah. Mengapa bisa dinamakan Usul dan Sanggah? 

Menu Usul dan Sanggah adalah untuk memudahkan para warga indonesia untuk mengetahui apakah warga tersebut mendapatkan bansos atau ternyata mereka tidak mendapatkan bansos. Ini bisa disebut juga dengan exclusion error. Ada juga warga yang sebenarnya tidak berhak untuk mendapatkan bansos, tapi didalam aplikasi tertulis bahwa warga tersebut malah mendapatkan bantuan sosial. Jika kejadiannya seperti itu, hal itu bisa disebut dengan sebutan inclusion error. 

Jadi Solusi dari Kementrian Sosial adalah dengan membuat Apliaksi benrnama Usul, yang salah satu manfaatnya adalah memudahkan Rakyat Indonesia untuk bisa mendaftar diri sendiri, bisa untuk mendaftarkan tetangga, bisa juga mendaftarkan warga yang lain yang berhak untuk mendapatkan bansos.

Banyak diminati:  Aplikasi Perawatan Mobil Terbaik untuk Android dan iOS

Untuk bisa mendaftarkan diri mereka, Masyarakat hanya perlu menpersiapkan Kartu Keluarga (KK) dan juga KTP.

Pertama-tama adalah masyarakat harus terlebih dahulu mengunduh Aplikasi Cek Bansos. Inilah Langkah-Langkahnya, sebagai berikut :

Cara Memakai Aplikasi Cek Bansos

  1. Mengunduh Aplikasi

Masyarakat bisa sangat mudah untuk mengunduh aplikasi melalui Smartphone mereka. Jika ada yang menggunkan Hanphone Android, mereka bisa mengunduhnya melalui aplikasi yang bernama Play Store. Masyarakat hanya cukup menggunakan kata kunci Aplikasi Cek Bansos lalu akan muncul dan bisa langsung di unduh. Atau silahkan melalui link di bawah ini untuk langsung menuju link aplikasi cek bansos.

Install Aplikasi Cek Bansos dari Google Play Store

  1. Melakukan Registrasi Diri

Disini yang harus dilakukan Masyarakat adalah registrasi dahulu data-data diri yang ada. Karena didalam Aplikasi Cek Bansos dapat bisa diakses ketika Masyarakat sudah mengregistrasi menggunakan Uses ID mereka yang sudah terverifikasi melalui aktivasi yang dilakukan oleh admin dari Kementrian Sosial. 

Untuk mengregistrasi data diri, Masyarakat hanya cukup mempersiapkan KTP, NIK, Kartu Keluarga. Menurut beberapa Info, Masyarakat juga diminta untuk berfoto selfie dengan KTP mereka saat dilakukan regsitrasi.  

  1. Verifikasi Kode OTP

Jika Masyarakat sudah berhasil mendaftarkan diri, maka akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke email anda. Maka Anda diminta untuk menunggu data-data yang sudah terverifikasi oleh Admin Cek Bansos. Jika data sudah terverifikasi, Anda bisa sangat mudah utnuk dapat mengakses menu yang ada di Aplikasi. Jika Anda ingin mengecek status Anda, Anda bisa mengecek di menu yang bernama cek bansos.

  1. Melakukan Isi Data

Disini Anda diharuskan untuk memilih suatu provinsi yang anda tinggali sekarang, lalu mengisi kecamatan dan kabupaten, kelurahan atau desa. Lalu anda diminta untuk mengetik nama Anda sesuai dengan KTP anda. Lalu Anda bisa langsung cek dengan meng-klik CARI DATA.

  1. Mengetahui Hail Pencarian Data

Masyarakat yang sudah mendaftarkan diri akan diarahkan ke sebuah halama hasil pencarian yang disebut dengan laman penerima manfaat. Di Halaman tersebut akan mulai terlihat data-data yang sudah tertera, seperti nama, umur, kelurahan, kecamatan, kanupaten, provinsi dan juga status bantuan sosial yang diterima.

Banyak diminati:  Aplikasi Perekam Suara Terbaik 2021

***

Aplikasi cek bansos diharapkan dapat menjadi jembatan langsung antara pemilik kebijakan dan masyarakat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

aplikasi cek bansos language:id