Cara Antri Paspor Online Terbaru

Cara Antri Paspor Online Terbaru

Cara Antri Paspor Online Terbaru – Pada saat Pandemi ini, Bepergian atau juga liburan di negeri ini masih bisa kita lakukan. Tetapi, Aktivitas saat Pandemi ini sudah tidak mudah lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi jika kita mempunyai paspor yang sudah akan mendekati batas masa berlaku nya, Jika kita tidak memikirkan dan tidak segera memperbaharui maka mau tidak mau kt=ita harus membuat lagi paspor yang baru.

Pada saat Pandemi ini, jika kita ingin untuk menikmati fasilitas saat membuat paspor online, ada juga beberapa penyesuaian yang harus kita lakukan untuk menjaga keberlangsungngan nya protokol kesehatan yang bagus. Proses pembuatan paspor online dimasa saat pandemi ini masih saja sama, namun ada hal yang kita perlu untuk perhatikan untuk membuat paspor online.

  • Pendaftaran dilangsung kan di hari jumat

Bagi kita yang ingin membuat paspor online, baik untuk membuat paspor baru atau pun perpanjang paspor kita harus bisa memahami beberapa layanan pendaftaran kuota yang hanya bisa dibuka pada hari jumat. Dan juga, untuk kita bisa mendaftar hanya bisa dilakukan pada jam 2 siang. Sebelum mendaftar, pastikam juga kita sudah mengunduh Aplikasi yang bernama Aplikasi Layanan Pspor online yang di keluarkan oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Aplikasi ini ada pada Smartphone kita.

Untuk membuat Paspor online dipastikan kita sudah mempersiapkan rencana secara matang.

  • Pembatasan jumlah layanan yang ada

Merupakan hal yang sangat penting untuk kita merencanakan membuat paspor online disaat sedang Pandemi. Karena, Direktorat Jenderal Imigrasi itu menginformasikan regulasi pembatasan setiap kuota per harinya.

  • Menjaga Protokol

Saat masa Pandemi kita harus bisa bertanggung jawab dengan keberlangsungan hidup orang lain. Pengunjung yang akan melakukan pembuatan paspor harus selalu mengikuti protokol kesehatan yang ada, seperti selalu mencuci tangan dan menggunakan masker.

Persyaratan apa saja sih yang kita butuhkan untuk membuat paspor online? 

  1. Yang pertama adalah kita harus mempunyai, Kartu Tanda Penduduk
  2. Yang kedua alaha, Kartu keluarga.
  3.  Yang ketiga adalah kita harus mempunyai Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau punsurat baptis.
  4. Yang keempat kita harus mempunyai Surat pewarganegaraan Indonesia bagi WNA yang sudah menndapatkkan kewarganegaraan Indonesia yang sudah ditentukan oleh undang-undang.
  5.  Yang terkahir adalah, Surat penetapan ganti nama dari.

Nah, Inilah Cara kita mendaftar untuk membuat paspor online dan juga beberapa persyaratan nya. Yuk disimak!

Paspor online menggunakan Aplikasi

  • Kita bisa mengunduh Aplikasi dengan nama Aplikasi Layanan Paspor Online yang sudah tersedia di Smartphone. atau Silahkan Klik di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi.layananwni&hl=in&gl=US
  • Kita bisa mendaftarkan diri kita melalui Apliaksi tersebut dengan membuat nama lengkap kita, NIK, Nomer Handphone, Email, username dan juga password.
  • Jika kita sudah registrasi akun kita, kita bisa langsung melakukan verifikasi dengan membuka tautan yang sudah dikirim kedalam Smartphone kita.
  • Jika sudah berhasil verifikasi, kita bisa kembali ke Aplikasi Layanan Paspor dengan menggunakan akun yang kita punya.
  • Kita bisa memilih kantor imigrasi mana yang akan kita tuju saat akan dalam tahap realiasi dalam paspor online.
  • Jika kita sudah bisa memilih kantor imigrasi, kita bisa segera memilih waktu yang kita inginkan untuk membuat paspor.
  • Lalu kita akan mendapatkan QR Code beserta dengan informasi nomor antrian. QR Code harus disimpan dengan baik.
  • Pastikan saat kita datang ke kantor imigrasi, kita sudah membawa persyaratan apa saja yang perlu untuk dibuthkan. Karena semua persyaratan itu akan diberikan kepada petugas imigrasi untuk bisa memvalidasi permohonan pembuatan paspor.
  • Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, yang akan kita lakukan adalah dengan wawancara dan melakukan sidik jari dan juga pembayaran biaya dalam pembuatan  paspor.
  • Yang terakhir adalah, kita hanya mrnunggu hasil dari pengajuan pembuatan paspor online yang berhasil dicetak. Nanti kita akan mendapatkan informasi yang akan dikirimkan ke nomer handphone kita maupun email yang kita punya.

Daftar Isi