Cara Menghapus Virus dan Malware di Hp Android

Cara Menghapus Virus dan Malware di Hp Android

Cara Menghapus Virus dan Malware di Hp Android – Hai, kali ini kami ingin membahas cara menghapus virus malware di ponsel Android. Karena ponsel Android menggunakan sistem operasi dan terhubung dengan internet, bisa jadi ada orang jahat di luar sana yang iseng menyusup ke program jahat seperti virus, trojan, hingga malware. Masalah ini tentu tidak bisa dianggap sepele karena selain bisa membuat ponsel Android menjadi lebih lambat, virus dan malware juga bisa mencuri data penting dari ponsel Anda.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Gmail di Hp Android Dengan Mudah

Tidak mau, data rekening bank, password akun media sosial, bahkan foto pribadi Anda bertebaran di dunia maya. Selain menimbulkan kerugian materil, virus dan malware di Android juga bisa memberikan kerugian immateriil lho. Tentu saja, karena virus dan malware dapat menjangkau hingga ke area pribadi Anda.

Nah bagi anda yang tidak menginginkan hal tersebut terjadi, kami ingin memberitahu anda bagaimana cara mencegah dan merawat hp android anda yang terkena virus dan malware. Namun sebelum itu, mari kenali gejala Android yang terkena virus dan malware.

Cara Menghapus Virus/Malware di Ponsel Android

Untuk mengetahui cara menghapus virus dan malware dari ponsel Android, ada baiknya melakukan pencegahan dini, yaitu hanya menginstal aplikasi dari Google Play Store dan tidak mengakses tautan atau situs apa pun baik dari browser atau layanan pesan instan. Jika ponsel Android Anda sudah terlanjur terkena virus dan malware, berikut cara mengatasinya:

  1. Instal Antivirus

Seperti halnya laptop atau PC, virus dari ponsel Android juga bisa dihilangkan dengan bantuan antivirus. Di Google Play Store Anda dapat menemukan banyak merek antivirus terkenal seperti: 360 Security, Clean Master, Avast Mobile Security, dan AVG AntiVirus. Semua aplikasi antivirus memiliki kelebihan yang berbeda-beda, namun tujuannya sama yaitu untuk menghilangkan virus dan malware.

Banyak diminati:  Aplikasi Android Ini Curi Rekening Bank Kamu, Hapus Sekarang Juga!

Antivirus dapat bekerja kapan saja dan langsung memantau aplikasi yang baru saja Anda instal di ponsel Anda. Segera setelah antivirus menemukan program atau aplikasi yang mencurigakan, ia akan segera menghapusnya. Anda juga dapat mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda, seperti: membatasi aplikasi yang diinstal hanya pada sumber yang terpercaya.

  1. Copot pemasangan aplikasi yang mencurigakan

Beberapa antivirus memiliki fitur untuk mendeteksi aplikasi yang berpotensi mengandung virus dan malware. Jika ada aplikasi mencurigakan yang terdeteksi, antivirus akan secara otomatis menyarankan Anda untuk segera menghapusnya.

  1. Setel Ulang Ponsel Android

Langkah terakhir, jika ponsel Android Anda sudah terinfeksi virus dan malware yang cukup parah adalah dengan melakukan reset. Langkah ini akan menghapus semua aplikasi dari telepon, kecuali aplikasi default dan mengembalikan semua pengaturan ke pengaturan pabrik. Data pribadi seperti foto, video, dan kontak juga akan hilang, jadi pastikan Anda mencadangkannya terlebih dahulu.

Ciri-ciri Hp Android Terkena Virus & Malware

Jika Anda cukup jeli, sebenarnya keberadaan virus dan malware di ponsel Android bisa dirasakan. Berikut ini adalah gejala HP Android terinfeksi virus dan malware:

  1. Penggunaan kuota internet lebih besar. Hal ini dikarenakan ketika virus dan malware mengirimkan data pribadi Anda ke pemiliknya, mereka akan menumpang kuota internet tanpa sepengetahuan Anda. Hal inilah yang menyebabkan kuota internet Anda cepat habis.
  2. Performa ponsel Android melambat. Karena banyaknya aktivitas tersembunyi yang dilakukan oleh virus dan malware, kinerja ponsel Android akan semakin melambat. Selain itu, ponsel Anda juga akan cepat panas karena kinerja ponsel terus digenjot.
  3. Baterai cepat habis. Konsekuensi dari peningkatan kinerja ponsel adalah semakin cepat baterai ponsel habis. Kalaupun kamu pernah menggunakan aplikasi atau fitur penghemat baterai, hal ini tentu tidak akan berpengaruh apa-apa.
Banyak diminati:  10 Ribu Kali diinstal! Segera Hapus Aplikasi ini dari Smartphone Anda

Itulah Cara Menghapus Virus dan Malware di Hp Android yang bisa anda lakukan untuk mengamankan smartphone kesayangan anda.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol