Hari Ini Google Doodle Menampilkan Pelopor Video Game Kulit Hitam Jerry Lawson

Hari Ini Google Doodle Menampilkan Pelopor Video Game Kulit Hitam Jerry Lawson

Pada hari Kamis, 1 Desember 2022, Google menerbitkan game Google Doodle yang dapat dimainkan untuk menghormati pionir video game kulit hitam Jerry Lawson pada hari ulang tahunnya yang ke-82. Lawson, yang meninggal pada tahun 2011, memainkan peran penting dalam pengembangan konsol Fairchild Channel F, yang memperkenalkan konsep kartrid video game yang dapat diprogram ke pasar pada tahun 1976.

Di halaman beranda Google, Doodle menampilkan kartun Lawson yang dibuat dengan piksel di samping versi konsol Channel F dan satu set TV. Setelah mengklik gambar, Doodle memuat game browser web khusus yang terinspirasi oleh Super Mario Maker yang memungkinkan pemain membuat dan mengedit game menggunakan grafik berbasis ubin retro. Setelah tutorial singkat yang memperkenalkan elemen sejarah Lawson, pemain dapat memilih game yang sudah ada sebelumnya untuk diedit atau dibuat sendiri.

Sepanjang permainan Doodle, motif kartrid kuning khas Channel F (yang memungkinkan permainan yang dapat dipertukarkan) menyatukan pengalaman.

Pengembangan Channel F dimulai pada tahun 1975 setelah Fairchild melisensikan teknologi konsol game berbasis mikroprosesor dari perusahaan yang berbasis di Massachusetts bernama Alpex, yang awalnya menemukan konsep kartrid. Mengetahui sejarah Lawson dengan video game (dan persahabatannya dengan para pendiri Atari), bos Lawson di Fairchild menugaskannya untuk mengeksplorasi kelayakan teknis proyek tersebut.

Sementara dalam pengembangan, Greg Reyes memimpin proyek Channel F, dengan Lawson menangani desain sirkuit elektronik (dan awalnya merancang joystick delapan arah yang unik), desain industri terkemuka Nicholas Talesfore, dan Ron Smith menangani teknik mesin, dengan kontribusi dari orang lain juga. Sementara Talesfore dan Smith mengembangkan kartrid khas Channel F itu sendiri, Lawson sering mendapat pujian umum atas penemuannya karena peran pentingnya dalam membawa keseluruhan konsol ke pasar — ​​dan kepentingan historisnya sebagai insinyur video game kulit hitam pertama yang diketahui.

Channel F diluncurkan pada November 1976, mengalahkan konsol berbasis kartrid yang bersaing seperti RCA Studio II dan Atari 2600 ke pasar masing-masing dalam dua bulan dan 11 bulan.

Di samping riwayat Channel F, Google Doodle sendiri—yang disatukan oleh Nate Swinehart—merupakan pencapaian penting yang menonjolkan artis piksel Hitam seperti Lauren Brown dan Davionne Gooden. Sangat menyenangkan untuk dimainkan, dan kreasi apa pun yang dibuat dengannya dapat dibagikan dengan orang lain secara online.