Cara menggunakan fitur baru Google Meet yang diumumkan minggu ini

Google baru-baru ini mengumumkan beberapa fitur Google Meet baru, termasuk antarmuka web yang diatur ulang dengan kontrol PIN baru, mode penghemat baterai dan data untuk pengguna seluler, dan banyak fitur video yang akan datang.

Beberapa tersedia untuk semua pengguna, beberapa hanya tersedia untuk pengguna Workspace, dan beberapa belum siap hingga akhir tahun ini. Berikut penjelasan singkat tentang semua fitur yang diumumkan Google di Google Meet minggu ini, kapan setiap fitur akan tersedia, dan cara menggunakan fitur baru yang dirilis sejauh ini.

Antarmuka web baru

Di awal daftar kami, aplikasi web Google Meet memiliki antarmuka baru. Ada beberapa perubahan pada keseluruhan pengalaman, tetapi perubahan paling langsung memengaruhi tata letak tombol Google Meet.

Google telah memindahkan semua tombol Meet ke bagian bawah layar. Ini termasuk obrolan rapat, lampiran, dan daftar peserta, yang saat ini berada di sudut kanan bawah. Tombol akhiri panggilan dan sakelar kamera dan mikrofon terletak di kedua ujung bilah kontrol utama sehingga Anda tidak akan secara tidak sengaja meninggalkan atau mengakhiri panggilan saat Anda menghidupkan dan mematikan mikrofon atau video.

Sembunyikan atau ubah ukuran umpan video Anda

Berbicara tentang menonaktifkan video, Anda sekarang dapat menyembunyikan, memindahkan, atau mengubah ukuran umpan video Anda dari dalam percakapan. Ini hanya mempengaruhi layar. Jika Anda mengecilkan video, peserta lain masih akan melihat Anda, tetapi akan disembunyikan di sisi Anda.

  1. Gerakkan mouse Anda ke atas video untuk menampilkan tombol kisi.
  2. Klik ikon Minimalkan di menu untuk menyembunyikan video.
  3. Anda dapat mengklik feed yang diminimalkan dan menyeretnya ke layar, atau klik ikon panah ganda untuk memperluas video dan masuk ke mode picture-in-picture.
Banyak diminati:  5 Jasa Iklan Google Ads Murah

Pemasangan pin dan multi-pin ubin yang lebih cerdas

Ada juga opsi pin baru yang bisa diterapkan ke penyaji lain dalam rapat. Anda sekarang dapat mengklik mouse di atas tile yang ditampilkan dan kemudian mengklik ikon pin untuk kembali ke tampilan kisi di mana semua tile video berukuran sama. Ini berfungsi bahkan jika Anda membagikan presentasi di layar.

Google juga memberikan contoh rencana multi-pin sehingga Anda dapat menyorot beberapa tile video dalam tampilan yang diperbesar. Fitur ini akan dirilis akhir tahun ini.

Mode penghemat seluler

Pengguna Google Meet di Android dan iOS dapat mengaktifkan “mode penghemat” untuk mengurangi daya baterai, data seluler, dan resource CPU yang diperlukan untuk aplikasi tersebut. Ini memengaruhi kualitas dan performa video Meet, tetapi dapat berguna jika Anda ingin menghemat daya baterai atau membatasi penggunaan data latar belakang. Saat ini, mode hemat sedang diterapkan.

Begini Cara mengaktifkan mode Penghemat Google Meet di Android dan iOS:

  1. Buka Google Meet.
  2. Ketuk tombol menu titik.
  3. Pilih Pengaturan dan gulir ke bawah untuk mengaktifkan Batasi penggunaan data.

Penyempurnaan video

Terakhir, Google juga mengumumkan serangkaian ekstensi video yang direncanakan untuk Meet. Ini belum tersedia, tetapi Google telah melihat pratinjau peluncurannya yang akan datang akhir tahun ini.

  • Penerangan otomatis desktop: Mode cahaya redup aplikasi seluler Google Meet akan ditambahkan ke versi web semua pengguna desktop dalam beberapa minggu mendatang. Kecerahan video secara otomatis disesuaikan dengan lingkungan sekitar, misalnya dengan meredupkan video saat Anda berada di ruangan yang diterangi matahari atau mencerahkan gambar saat matahari terbenam.
  • AI Auto Zoom: Mirip dengan penyesuaian pencahayaan otomatis, Google Meet mendapatkan zoom otomatis bertenaga AI yang menjaga gambar tetap di tengah. Ini akan diluncurkan ke pelanggan Google Workspace dalam beberapa bulan mendatang.
  • Latar belakang video: Ini adalah latar belakang animasi yang mengaburkan ruang saat ini, mirip dengan menggunakan gambar latar statis atau latar belakang buram Google Meet. Google berencana merilis tiga wallpaper pemandangan hutan, ruang kelas, dan pesta virtual dalam beberapa bulan mendatang. Google berencana untuk menambahkan lebih banyak ke tiga yang pertama dan seterusnya, tetapi sejauh ini tidak ada rencana untuk mengizinkan pengguna mengunggah video mereka sendiri.
Banyak diminati:  Download Aplikasi Google Meet? Ga Perlu! Begini Caranya!

Daftar Isi