Cara Refresh Laptop yang Benar

Klik Kanan, refresh. Klik Kanan, refresh. Atau F5, F5, F5, F5… banyak orang yang sering melakukan ini karena berpikir refresh itu bisa membuat komputer atau laptop jadi lebih lancar. Apakah pandangan tersebut benar?? Lalu bagaimana cara refresh laptop yang benar?

Ada juga yang memiliki kebiasaan, setiap komputer atau laptop baru nyala, harus di refresh terlebih dahulu sampai berkali-kali. Lalu sebelum dimatiin, juga refresh berkali-kali, baru matiin. kebiasaan-kebiasaan itu bukan cuma dilakukan oleh orang awam, tapi bahkan teknisi komputer, banyak yang melakukan hal tersebut. Mulai sekarang saya sarankan untuk segera berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Kenapa? Tenang saya akan Jelaskan.

Apa itu Refresh Laptop atau Komputer

Refresh itu secara sederhana biasa diartikan menyegarkan. Intinya tombol refresh yang ada di desktop itu untuk menyegarkan hal-hal yang ada di desktop kita.

Desktop itu tampilan paling awal ya Kalau kita buka komputer atau laptop yang tampilan paling awal itu namanya desktop. Jadi wallpaper, semua icon Widget, dan sebagainya yang ada di desktop ini, kalau kita Klik Kanan lalu refresh, itu disegarkan lagi. Atau bisa dibilang diproses lagi tampilannya.

Fungsi Refresh Laptop atau Komputer

cara refresh laptop

Nah, lalu disegarkan atau di-refresh itu untuk apa? Jadi gini, misalnya kita habis merubah sesuatu yang ada di desktop, misalnya ganti nama gitu. Terus pas di enter enggak muncul nama yang baru. Nah, itu kita refresh supaya di proses lagi yang benar, sesuai apa yang sudah kita rubah.

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Contoh lain misalnya ada icon di desktop yang error, itu refresh supaya benar. itulah fungsi refresh yang sebenarnya. Yaitu untuk memproses ulang hal-hal yang ada di desktop. Cuma itu ya, bukan untuk melancarkan komputer atau laptop.

Ada juga error lainnya. Contohnya ada icon yang gak bisa diklik, nah, itu Klik Kanan refresh, supaya benar. Lalu misalnya ada icon yang jadi sama semua gitu, itu juga bisa di refresh biar benar. Lalu ada icon di desktop yang tidak muncul, itu refresh juga. Kita sudah atur icon supaya diurutkan sesuai pilihan, tapi nggak bener, refresh.

Pokoknya, kalau ada yang aneh-aneh di desktop itu, refresh aja, bener. Terus sekali aja ya di-refresh-nya. Jangan berkali-kali. tapi sebenarnya error tadi itu jarang terjadi ya. Karena Windows itupun sistem yang mekanismenya itu dia bakalan nge-refresh sendiri otomatis, kalau misalnya ada terjadi perubahan di desktop. Misalnya ada folder baru, ada kita ganti nama, itu biasanya me-refresh sendiri.

Tapi memang kadang ada yang error dikit. Jadi kita perlu refresh manual sendiri. itu sekali lagi ingat ya refresh nya sekali aja.

Apakah Cara Refresh Laptop atau Komputer Berkali-kali itu Benar Bisa Melancarkan Laptop atau Komputer?

Mari kita buktikan Apakah refresh itu benar-benar bisa melancarkan komputer, seperti yang orang-orang bilang. Untuk membuktikannya kita buka “task manager” ya. Nah, di task manager ini kita bisa melihat performance. kita disini bisa melihat beban di CPU, di memori, pokoknya semuanya itu bisa dilihat ya, dari grafiknya ini. kalau grafiknya tinggi, berarti beban yang ada di situ Itu tinggi. Kalau rendah, berarti ya rendah bebannya gitu.

Baca Juga  Cara Agar Kamera Laptop Jernih Tidak Buram

Coba sekarang kita Klik Kanan refresh. Klik Kanan refresh. Klik Kanan refresh. Klik Kanan refresh. Bisa dilihat CPUnya naik. Sekarang kita udah enggak refresh lagi, kita lihat dia bakalan turun. Coba kita refresh lagi ya, klik kanan refresh. Klik Kanan refresh. klik kanan refresh. Tuh, naik lagi.

Jadi begitu bisa dilihat kalau refresh itu justru membuat beban di CPU, walaupun Enggak beban-beban banget ya. Tapi itu sedikit membuat beban di CPU, karena memang untuk menyegarkan isi desktop ini, itu perlu power dari CPU.

CPU itu kalau belum tahu itu dia itu otak komputer kita ya. jadi memang setiap mau menyegarkan desktop, ini butuh tenaga dari CPU. Karena kan dia memproses lagi semua yang ada di desktop ini. makanya ingat refresh itu sekali atau dua kali aja ya. Jangan berkali-kali supaya CPU kita juga tidak terlalu terbebani.

Apalagi disaat komputer laptop itu baru nyala terus kita refresh berkali-kali itu dia makin menambah beban. karena kalau laptop atau komputer baru nyala itu, dia tuh loading semua aplikasi yang ada di komputer atau laptop. dia di loading semuanya dan semua icon-icon yang ada di desktop ini semua di loading gitu. Jadi cukup banyak beban sebenarnya disaat baru nyala. tambah kita refresh lagi, itu makin terbebani gitu loh.

Selain desktop ada juga refresh di file explorer dan juga di browser. Tapi kalau di browser sering dibilang juga reload namanya. di file explorer kurang lebih sama seperti desktop ya. kalau ada icon folder atau file yang hang itu refresh Jadi bener iconnya. Lalu disaat kita ganti sebuah ikon terus enggak langsung berubah iconnya, ya refresh ganti yang baru. Lalu ada juga abis ganti nama file atau folder terus enggak langsung berubah, refresh.

Baca Juga  31+ Contoh X Banner Laundry Pictures

Kalau di browser saat membuka sebuah website terus ada gambar yang enggak muncul, atau kayak acak-acakan gitu tampilannya, biasanya penyebabnya karena koneksi internet buruk ya. Nah itu refresh atau reload supaya jadi bener tampilannya.

Simpulan

Coba sekarang kita buat kesimpulannya. yang pertama refresh bukan untuk melancarkan komputer atau laptop. refresh hanya digunakan apabila ada hal-hal yang aneh atau error di desktop. Cara refresh laptop atau komputer yang dilakukan terus-menerus itu malah membebani CPU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *