Apakah Nokia Edge 2022 Nyata Atau Hanya Rumor? Ini Kenyataannya

Apakah Nokia Edge 2022 Nyata Atau Hanya Rumor? Ini Kenyataannya

Apakah Nokia Edge 2022 Nyata Atau Hanya Rumor? Ini Kenyataannya – Baru-baru ini beberapa model HP Nokia terbaru banyak dicari oleh pengguna internet. Beberapa model yang muncul di banyak media sosial seperti Nokia X 150, Nokia n100 2022, Nokia 7610 5G.

Namun, model yang paling banyak dibicarakan adalah Nokia Edge 2022. Pembicaraan tentang Nokia Edge 2022 sangat ramai di TikTok.

Konten teks dan video yang menyertakan judul “Nokia Edge 2022” menjamur di mana-mana. Selain itu, banyak muncul juga di TikTOk kata kunci Nokia Edge max,  “Nokia Edge seperti iPhone”.

Kata kunci “Nokia Edge mirip iPhone” sepertinya dipicu konten video yang menunjukkan desain smartphone dengan logo “Nokia” di bagian punggung, dengan modul kamera yang sangat mirip dengan iPhone 12 atau iPhone 13 series.

Karena kemiripannya dengan iPhone inilah yang menarik orang ingin mengetahui lebih banyak tentang Nokia Edge 2022 ini.

Namun, jika Anda teliti melihat beberapa video TikTok tentang Nokia Edge 2022, tidak hanya satu video, desain yang bocor tersebut sepertinya belainan dari satu video ke video lainnya.

Punggungnya memang rata-rata mirip. Bermodulkan kamera dengan lensa yang disusun secara seperti iPhone 12 dan iPhone 13.

Namun, dibeberapa video, ditemukan beberapa perbedaan di bagian tengah punggung smartphone Nokia ini. Misalnya ada logo “Nokia” dengan bingkai lingkaran putih, dan ada juga yang hanya tulisan “Nokia” tanpa bingkai.

Tampilan depannya juga berbeda-beda. Beberapa layar memiliki notch atau bilah persegi panjang seperti yang ditemukan di iPhone X, beberapa dengan lubang kamera kecil di tengah seperti seri Galaxy S22, beberapa tanpa notch dan tak berlubang kamera.

Ini tentu hal yang tidak biasa. Sebelum smartphone dilempar ke pasaran, memang biasanya akan beredar rumor tentang spesifikasi dan bentuk smartphone baru tersebut. Namun, secara umum, bocoran tersebut biasanya tidak memiliki banyak perbedaan seperti yang ditemukan pada bocoran Nokia Edge 2022 saat ini dii TikTok.

Banyak diminati:  Harga Hp Nokia Terbaru 2021

Ini bukan hanya tentang desain. Perbedaan bocoran ditemukan juga pada bagian spesifikasi Nokia Edge 2022 . Namun, rata-rata bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022 ini intinya ingin menunjukkan bahwa ponsel ini akan memiliki spesifikasi yang gahar.

Misalnya, RAM dikatakan 10 GB, ada juga yang mengatakannya 12 GB, atau bahkan 16 GB. Kapasitas baterai juga dikatakan memiliki kapasitas Super Jumbo, lebih tinggi dari rata-rata smartphone saat ini. Katakanlah 6900 mAh, 7400 mAh, dan 7150 mAh.

Salah satu bocoran spesifikasi Nokia Edge yang membuat kulit dahi berkerut adalah bocoran mengenai chipset bawaan. Pasalnya, seperti yang dijelaskan di situs GSM Arena Specs, ponsel ini akan dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 889 5G.

Faktanya, saat ini tidak ada seri chipset ini. Pada akhir tahun 2021, Qualcomm secara resmi mengganti nama chipset tersebut karena nama seri 800 sudah tidak digunakan lagi.

Chipset terakhir yang menggunakan label ini adalah Snapdragon 888. Berikutnya adalah Snapdragon 8 Gen1 sebagai pengganti Snapdragon 898.

Dengan spek berkualitas tinggi tersebut, harga Nokia Edge di Indonesia bisa dibilang antara Rp 7 juta hingga Rp 10 juta-an. Ada yang bilang harganya berkisar antara Rp 4 Juta hingga Rp 6 jutaan, namun sulit untuk diaminkan jika spek ponsel ini termasuk dalam kategori ponsel flagship dengan spek premium.

Ternyata, Nokia Edge 20222 tidak hanya populer di TikTok. Model ini juga ramai diperbincangkan di Facebook. Bahkan, beberapa orang secara terbuka mempromosikan produk mereka dengan menyertakan tautan ke marketplace tertentu.

Tautan tersebut mengarah ke toko resmi Nokia. Namun, produk Nokia Edge 2022 tidak tersedia. Beberapa juga menyertakan tautan link afiliasi, mungkin hanya mengejar traffic untuk mendapatkan komisi affiliasi dari marketplace tersebut.

Banyak diminati:  Nokia Akan Rilis Nokia X60, Inilah Harga, Spesifikasi, dan Tanggal Rilisnya

Yang mengkhawatirkan, jika seseorang dengan sengaja menggunakan “kampanye” ini untuk “menjebak” dengan membagikan tautan yang berisi malware saat diklik.

Nama Nokia Edge 2022 yang tiba-tiba dan cepat menyebar ini tentunya tidak akan muncul secara tiba-tiba, pasti ada asalnya. Saat dilacak, rumor sudah beredar sejak tahun 2017 lalu, seperti dilansir Gizmo China.

Tampilan depan agak mirip dengan versi terbaru. Memiliki kamera lebar, namun dengan bezel di bagian atas, bukan bilah poni.

Pada bocoran tersebut, bagian belakangnya tidak dilengkapi dengan modul kamera ala iPhone. Kamera belakang ditempatkan secara vertikal dan sensor sidik jari berada di bagian bawah.

Dilansir dari KompasTekno, pihaknya telah menghubungi perwakilan HMD (Pemegang Lisensi Nokia) Indonesia, namun belum mengkonfirmasi rumor Nokia Edge 2022.

“Kami tidak bisa mengomentari rumor atau spekulasi tentang ini,” jelas perwakilan HMD.

Pernyataan ini berbeda dengan cerita yang beredar selama ini, karena banyak media mengatakan bahwa Nokia telah mengkonfirmasi peluncuran Nokia Edge 2022 di Indonesia.

Saya tidak tahu dari mana penyebaran Nokia Edge 2022 di TikTok berasal atau menyebar ke platform lain. Juga tidak jelas apakah tujuan dari “kampanye” ini.

Konten di TikTok mungkin diposting oleh penggemar Nokia yang merindukan kebangkitan sang legendaris. Seperti yang kita ketahui, rancangan desain smartphone bukanlah hal baru, ini lumrah di pasar smartphone di manapun.

Siapapun bisa mendesain smartphone sesuai keinginannya. Memang biasanya ada outlet media terpercaya yang khusus mendesain smartphone.

Namun, desainnya didasarkan pada kebocoran kuat yang beredar dan disediakan oleh sumber tepercaya seperti sumber dalam industri, bukan hanya spekulasi mentah. Terkadang, kami mendesain berdasarkan paten yang terdaftar dan tersedia untuk umum.

Banyak diminati:  Nokia N-Gage Reborn 2022: Harga, Spesifikasi, Tanggal Rilis Indonesia

Oleh karena itu, keberadaan Nokia Edge 2022 masih belum pasti saat ini. Apakah ponsel ini hanya sebuah konten pendulang traffic semata atau memang benar-benar akan disiapkan Nokia?

Jelas, HMD belum memberikan dikonfirmasi tentang Nokia Edge 2022 dan model lainnya.

Padahal, menurut informasi terbaru, HMD Global belum berencana meluncurkan smartphone flagship dengan merek Nokia.

Sebaliknya, HMD Global berfokus pada ponsel berfitur dan smartphone entry-level dan mid-range yang memiliki harga lebih murah. Di Indonesia, kisaran harga segmen ini adalah Rp 1 juta – Rp 7 jutaan.

“Membuat ponsel seharga US $800 tidak masuk akal bagi kami saat ini. HMD tidak ingin terlibat dalam perang spesifikasi besar dengan pemain lain,” kata Adam Ferguson, Kepala Pemasaran Produk HMD Global, dirangkum dari Android Authority..

Artinya jika kabar tersebut benar, Nokia 9 PureView (2019) dan Nokia 8.3 (2020) akan menjadi rilisan flagship terakhir HMD dari merek Nokia.

Apakah Nokia Edge 2022 Nyata Atau Hanya Rumor? Jawabannya, jelas ini hanya rumor, karena HMD tidak mengonfirmasi kebenarannya. Kita tunggu saja nanti.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol