Siapa yang Mengontrol Ethereum?

Jika Anda bangga menjadi pengguna Ethereum (ETH) atau platform blockchain aslinya, Anda mungkin bertanya-tanya siapa yang benar-benar mengontrol Ethereum dan apakah ada dalang yang menarik tali dalam kasus ini? Pertanyaannya bukan tanpa alasan, tetapi bahkan mereka yang setidaknya sedikit akrab dengan apa Ethereum sebenarnya akan menertawakan kata “control” dan Ethereum dalam kalimat yang sama.

Jadi, menjawab pertanyaan tentang siapa yang mengontrol Ethereum membawa kita ke tujuan awal dari cryptocurrency ini dan platform blockchainnya: desentralisasi. Ethereum tidak benar-benar dikendalikan oleh siapa pun, dalam arti tidak ada entitas yang mahakuasa atau konspirator yang menjalankannya dari bayang-bayang. Ethereum ada hanya melalui partisipasi dan kerja komunitas pengguna dan pengembangnya. Mereka, secara kolektif, disebut sebagai jaringan Ethereum. Tapi, siapa yang mengontrol jaringan Ethereum, Anda mungkin bertanya? Jawabannya sama dengan Ethereum itu sendiri: tidak ada yang mengontrolnya, karena ini adalah platform yang benar-benar terdesentralisasi yang pada awalnya dibangun oleh crowdsourcing pekerjaan komunitas pemrogram. Setelah kode dan infrastruktur jaringan ada, jaringan itu sendiri diserahkan kepada semua pengguna yang ingin berpartisipasi di dalamnya.

Namun, bagaimana dengan Ethereum Foundation, apakah kepalanya adalah orang yang mengendalikan Ethereum? Sekali lagi, jawabannya negatif, karena organisasi ini hanya berfungsi untuk mendukung dan mempromosikan platform Ethereum, tanpa kepentingan dalam menjalankan jaringan itu sendiri. Hal yang sama berlaku untuk penemu Ethereum, Vitalik Buterin yang tentunya memiliki ketertarikan pada pengoperasian Ethereum, namun tanpa ambisi atau kapasitas untuk “mengontrolnya”. Akhirnya, inilah yang mengontrol Ethereum pada kenyataannya: itu adalah komunitas penggunanya yang sumber daya dan komitmennya menjaga ETH tetap hidup dan berkembang.