Spesifikasi dan Harga POCO F4 GT Indonesia

Spesifikasi dan Harga POCO F4 GT Indonesia

Spesifikasi dan Harga POCO F4 GT Indonesia – ini adalah POCO F4 GT! HP gamingnya POCO. Udah POCO, versi gaming lagi. Sespesial apa? Soalnya HP-HP POCO versi standar, yang nggak ada label “gaming” pun, udah dikenal punya spek yang luar biasa bagus di kelas harganya, dan pastinya auto enak dipake main game ya. Misalnya kayak POCO F4 biasa, versi non-GT yang kemaren baru kita bahas, tuh HP saya puji banget karena punya spek di atas rata rata. Mau main game apapun juga sanggup. Terus, kalau versi biasa aja udah sekeren itu, ngapain POCO repot-repot ngeluarin versi GTnya? Versi Game Terosssss? Buat yang sering ngikutin channel ini, apalagi pas kita unboxing HP-HP gaming, pasti udah tau ya kira-kira bedanya HP gaming, sama HP biasa tapi punya spek tinggi? HP gaming itu… Desainnya norak… Ehmm.

Maksud saya rame, banyak hiasan-hiasan yang bikin dia lebih narik perhatian dibanding HP standar yang biasanya polosan doang. Kayak F4 GT varian Cyber Yellow ini, sekali liat juga langsung ketahuan kalau ini HP gaming! Hiasannya banyak. Kayak sisi kanan kirinya ini ada bentuk segitiga hitam yang punya tekstur garis-garis, ngga ada fungsinya, keren aja. Terus ada garis glossy juga di bagian tengahnya. Nggak ada fungsi, keren aja. Bentuk LED flashnya pun punya potongan bentuk petir. Biar apa? Biar keren, kalau terangnya mah sama aja ya kayak LED flash biasa. Terus soal modul kameranya juga, sebenernya sistemnya standar aja triple camera. Tapi bentuknya itu harus banget dikasih sudut-sudut kayak huruf X, dan sudutnya ada lampu RGBnya lagi! RGBnya bakal nyala kalau ada telepon masuk, pesan masuk, lagi ngecas, atau pas kita aktifin mode turbo. Apapun yang ada RGBnya, memang auto gaming sih.

Di kameranya ini juga ada tulisan “Freezing”, “Speedest” yang artinya dingin, dan paling kenceng. Ini keren-kerenan sekalian doa juga kali ya. Didoain freezing dingin yang positif. Jangan freezing negatif yang kayak gini.. ehhh, ngefreeze! *suara game* Di sisi kanan POCO F4 GT, kita juga bakal nemuin fitur yang cuma ada di HP gaming. Disini ada 2 tombol, yang kalau kita geser bakal aktifin pop up trigger fisik. Trigger fisik. Di sebelah kanan kiri yang fungsinya bisa kita custom. Mau kita jadiin shortcut ke tombol nembak-nembak di PUBGM? Atau Apex Legend? Bisa. Mau jadiin shortcut sprint atau loncat pun bisa. Apapun tombol yang ada di layar, bisa kita mapping. Bikin kita lebih fleksibel aja pas main game. Mau kita jadiin shortcut ke tombol skill di Mobile Legend? Tentu aja bisa, tombol skill, ganti karakter, ganti pukulan di Genshin? itu gampang banget.

Ngeturbo, ngegas, di game balap, gitu-gitu, anda udah nangkep lah fungsi trigger ini, yang ga ada di HP biasa. Bikin jari telunjuk gamer jadi lebih pewe dan ready terus di posisi. Dari yang biasanya agak kaku, kayak maksa gitu jadi kerasa natural serasa pegang controller PS. Buat urusan nongaming pun, pop up trigger ini bisa kita jadiin tombol buat aktifin kamera, hidupin senter, aktifin mode silent, dan lain-lain. Serasa ada 2 tombol tambahan buat fungsi ekstra lah. Oh iya, selain tombol trigger, di sebelah kanan POCO F4 GT juga ada tombol power ngerangkap sensor fingerprint ya. di atas ada speaker, mikrofon, dan IR blaster, di kiri ada Sim tray DUAL SIM, tombol volume, dan mikrofon, di bawah ada mikrofon lagi, USB type C, dan speaker.

Banyak diminati:  POCO X3 GT: Harga dan Spesifikasi Indonesia Terbaru 2021

Banyak banget lubang di HP ini. Buat kualitas mikrofonnya juga jelas dan jernih. Separasi suaranya cakep di channel kanan kiri. Misalnya, kita tes agak lama ya kayak teka-teki: Seni apa yang paling disenengin nasabah bank? Tari Tunai. Speaker pun cakep. Di kanan kirinya ini masing-masing ada satu tweeter dan satu woofer, jadi total ada 4 speaker yang bikin suaranya bener-bener kenceng, bass berasa, vokal jernih, separasi bagus. Di HP ini berasa banget lah, kalau targetnya 100% gamer. Sampe kabel charger bawaan pun dibikin nyiku gini ya kayak huruf L, biar ga ganggu tangan pas lagi main game. Tapi ya sayangnya, karena POCO F4 GT ini 100% nyasar gamer, fitur-fitur yang jatuhnya “elegan” kayak fitur tahan air, atau wireless charging, absen di HP ini. Kalau NFC sih pasti ada.

Dan pastinya, sebagai HP POCO yang kelasnya paling tinggi, bahan bodi HP ini juga berasa premium. Backdoornya ini pake kaca AG Glass yang teksturnya halus dan ga mudah nempel sidik jari, framenya pun dari aluminium ya. Buat pilihan warnanya sendiri, selain Cyber Yellow, ada juga yang Stealth Black dan Knight Silver. Soal display pun gitu, kelas atas lah. Dapet nilai A+ dari DisplayMate yang artinya sejajar sama flagship belasan juta brand lain. Layar POCO F4 GT ini bentuknya flat ya, punya ukuran 6.67 inci panelnya AMOLED, resolusi Full HD, refresh rate 120Hz dengan touch sampling 480Hz, warna 10bit, brightness maksimal 800 nits, udah support HDR 10+, terus ada Dolby Vision juga, dan kacanya Gorilla Glass Victus. Jos Lanjut ke mesinnya! Ehm, yang ini bagiannya paling ketebak ya. Ngga perlu banyak diceritain, gimana gitu. Soalnya kalau POCO F4 yang 5 juta perak aja udah pake Snapdragon 870… POCO F4 GT yang harganya 8.999 juta, udah pasti harus pake Snapdragon paling tinggi ya, 8 Gen 1. RAMnya 12GB LPDDR5, dan memori internal 256GB UFS 3.1. Fun fact, POCO F4 GT ini jadi HP resmi dengan Snapdragon 8 gen 1 yang paling terjangkau pas video ini dibuat.

Banyak diminati:  Siap Meluncur 29 Maret, Ini Bocoran Spesifikasi POCO M4 Pro Indonesia

Skor AnTuTu 9 yang didapetin ini HP hampir sejuta, sesuai standar Snapdragon 8 gen 1 lah, yang dari raw powernya itu udah bisa mentokin semua setting ya, maen game pun udah standar, 8 gen 1 lah. Game-game populer kayak MLBB bisa jalan di setting grafis ultra, frame rate ultra, 120 fps, lancar, maen PUBG M dia bisa jalan HDR extreme 60 fps yang cakep-cakep yang mulus-mulus, gamers suka tapi ada 1 bagian yang sangat ngeganjel dari nih HP, dan POCO harus berusaha buat beresin biar reputasi GT ini di HP bisa jadi bagus ya. Performanya di beberapa game sengaja diturunin oleh sistem HPnya biar suhunya tuh tetep dingin. Misalnya pas kita lagi maen Genshin Impact di setting grafis medium, ini, bukan maksimal loh, mode HP balance, frame rate nya kena limit di angka 35 fps doang selama belasan menit awal, habis itu turun, ke 20 yang jatuhnya nggak enak dimainin, terus naik turun lagi, 35-20, 35-20. Grafik yang bentuknya kaku gini, biang keroknya udah jelas karna sistem ya.

Kalau kita set HP nya ke mode performance, mode turbo yang lebih kenceng dari mode standar, setting grafis tetep medium, dapetnya 45 sampe 60 fps, mantap. Tapi, habis menit ke lima diratain di 45 fps aja, ngga berani naik lagi, rasanya jadi kurang maksimal ya Saya coba tes di game lain, kayak APEX legend, ini kualitas grafis ultra, frame rate juga ultra, di mode performance yang maksimal aja, frame rate tangga nya juga muncul lagi, astaga. Kalau POCO pengen nama GT tetep wangi, ini masalah yang harus dikelarin sih bisa lewat update software, kasih mode unlimited gitu, ada toggle nya, unlimited on atau mode fearless yang on gitu, kayak fearless tag line mereka soal nih HP soalnya nggak usah takut panas, yang penting performa bisa digas ya orang bakal seneng aja, kalau sekarang kayak masih takut HP nya overheat gitu. Padahal mereka udah pamerin teknologi liquid cool 3.0 yang luasnya itu 4860mm2 dual vapour chamber lagi, kalau HP gaming panas karena settingan dimentok-mentokin digame berat ya wajar kan.

Gamer bisa pasangin kipas tambahan atau turunin setting. Tapi kalau frame rate dilimit, berasa nggak ada pilihan rasanya. Saya yakin langkah POCO ini terlalu berlebihan ya terlalu agresif ngelimit performanya, bener-bener cari aman, nggak percayaan sama teknologi cooling sendiri. Soalnya pas kita lihat suhunya ini, masih jauh dari kata panas, masih dibawah 40 derajat coy Masih banyak ruang buat ekstra performa, tapi ya terlalu main aman jadi ya gitu, semoga POCO denger, kalau udah ada update yang saya bilang tadi, atau gimana pun lah caranya, biar ngga ada limit-limit lagi GT ini baru bisa dilirik soalnya ada ekstra fitur cakep tadi kan yang bikin dia beda. Sama charging nya juga gacor, kalau ini POCO beneran nggak tanggung-tanggung. Kita dikasih charger 120Watt hypercharge buat ngisi batre 4700mAH nya. Ngisi 10 menit awal, udah masuk 68% loh, sementara dari 0 ke 100 cuma butuh 21 menit. Sistem safety nya juga banyak sampe 53 jenis, jadi nggak usah banyak mikir kalau daya tahannya sendiri, ya dia standar aja ya maen MLBB setengah jam, di mode 120 fps dia kemakan 16 % PUBG M setengah jam 12%, Genshin setengah jam 13% Nih karena dia hemat banget, APEX Legend setengah jam mode ultra semua 18% Sementara, buat kameranya sistemnya triple kamera tadi ya.

Banyak diminati:  Ini adalah fitur NFC Android, Bukan Sekedar Cek Saldo E-Money

Ada 1 kamera 64MP, kamera ultra 8MP, dan kamera makro 2 MP Kamera depannya 20MP Buat ukuran HP 9 juta, kualitas kamera HP ini agak gado-gado ya. Buat motret di luar ruangan yang terang, ini levelnya udah boleh di adu sama flagship warnanya cerah banget, agak sedikit kontras aja tapi tetep nyaman dimata, dynamic range nya luas gambar kelihatan bersih, detail dapet, saya suka. Tapi pas motret di suasana low light, levelnya turun. Tangan kita harus lebih stabil pas megang kamera karena gambarnya tuh rentan goyang Kameranya nggak punya OIS soalnya dan itu ngefek banget ke cara kita pake kamera Sementara buat kualitas kamera ultra LED nya ini jomplang sih detailnya kurang, warnanya juga agak gelap jauh banget dibanding kamera utama ciri khas HP mid range lah kameranya. Buat kamera depannya sendiri dia bisa ngerekam di resolusi 1080p ada yang 60 fps, tapi ini saya rekamnya yang 30 fps aja. Karena.. di channel ini biasanya kan 30 fps sih, kalau 60 fps memang beda, bakal berasa juga walaupun diupload di 30. Tapi.. kita cobain yang 30 aja. Kesimpulan saya buat POCO F4 GT POCO punya PR yang harus cepet diberesin sih kalau pengen HP ini lebih diminatin lagi.

Soal kamera yang kualitasnya ya nggak spesial, nggak terlalu berasa mahal, itu masih bisa dimaklumin karena ini HP gaming. Sampe sekarang saya belum nemuin HP gaming yang kameranya bisa saingan sama HP HP standar ya, yang belasan juga ya. Tapi kalau soal frame rate yang dibatesin di game game berat, ini berasa ilangin setengah jiwa si HP sih. Kalau PRnya udah dikerjain, ada update, baru bagian bagian positif dari nih HP bisa lebih dinikmatin, mulai dari desain yang keren, fitur trigger yang berasa curang kalau dipake ngelawan HP standar, layar yang maksimal buat gamer, sistem charging kenceng, speaker mikrofon kualitas top… Gaming banget lah.