Samsung Galaxy Z Fold3 5G : Harga dan Spesifikasi Indonesia 201

Samsung Galaxy Z Fold3 5G : Harga dan Spesifikasi Indonesia 201

ini adalah Samsung Galaxy Z Fold3 5G! Flagship barunya Samsung buat pertengahan 2021 ke atas. Hm. Biasanya pertengahan bulan-bulan ini, Samsung ngenalin seri terbaru dari Galaxy Note ya. Tapi tahun 2021 ini, udah diconfirm kalau nggak ada Galaxy Note21, atau Note21 Ultra sebagai alternatif S21 kayak tahun tahun kemaren. Kali ini, adanya seri Fold dan Flip aja. Apakah artinya seri Note udah discontinue oleh Samsung? Soal itu nggak bisa bilang iya ato nggak sih. Terlalu cepet buat ambil kesimpulan. Kita liat aja 2-3 tahun ke depan. Kalau seri Fold laris banget, nggak ada alasan buat Samsung bikin seri Note lagi Apalagi, kali ini Samsung Galaxy Z Fold3 juga udah support S Pen! Fitur killer yang dicari cari di Galaxy Note, kali ini kita bisa dapetin di seri Fold. Akhirnya ya! S Pen ini sesuatu yang udah saya tunggu tunggu lho sejak Fold generasi kemaren. Wajar kan kalau kita mikir HP yang layarnya segede gini, dan bisa dilipet keluar biar jadi lebih lebar lagi berasa tablet, berasa buku, bakal jauh lebih mantep kalau misalnya bisa kita coret coret.

Samsung sendiri ada nyediain 2 tipe S Pen yang support Fold ini. Yang pertama, namanya S-Pen Pro yang bentuknya panjang ini mirip kayak pena beneran dan sifatnya lebih universal, dia bisa dipake juga di beberapa produk Samsung lain kayak Galaxy Note, S21 Ultra, Galaxy Tab dan Galaxy Book. Sistem koneksinya pake Bluetooth Low Energy Yang kedua ada yang namanya S Pen Fold Edition, itu bentuknya lebih pendek, dan sesuai namanya, bisa dipake di Galaxy Z Fold3 aja. Jadi nggak bisa dipakek di tempat lain Kalau ini mirip S Pen yang kita kenal di seri Note ya. Kehadiran S Pen di seri Fold kali ini beneran manteb banget lah. Tujuan Fold sebagai HP power user, HP orang yang produktif, jadi tambah kena lagi. Buat ngesupport kehadiran si S Pen, HP ini juga dikasih upgrade di bagian layarnya.

Selain harus bisa nangkep sinyal S Pen tentu aja, dia udah dibikin 80% lebih kuat., Lebih durable. ini penting banget. Karena udah bukan rahasia lah ya, kalau layar HP yang bisa dilipet itu… sifatnya lebih lembut dari layar biasa. Kalau misalnya dikasih tekanan yang belebihan, sering digores gores pake ujung S Pen, bisa bisa nanti layarnya malah ada garis garis yang ngecap Saking lembutnya, dan saking rentannya, dulu Samsung sampe sempet ngasih garansi khusus buat layarnya. Mereka nyadar kalau orang belum kebiasa sama teknologi layar kayak gini. Mungkin itu juga yang jadi alasannya ya, yang halangin Samsung buat ngasih S Pen di generasi sebelumnya. Kali ini untungnya nggak masalah lagi Feel nyentuh layarnya sendiri masih kerasa sama walaupun dia udah dibikin lebih kuat, dan kalau kita perhatiin… ciri khas dari HP lipet yang ngasih bekas lipetan juga masih keliatan. Entah suatu saat, bakal ada layar HP lipet yang layarnya mulus nggak ya. Soalnya… di pikiran saya, apapun yang dilipet, pasti bakal ada bekasnya, kayak bagian sendi, di kulit kita ada garisnya terus kertas, plastik… Yah, mungkin suatu saat, Samsung bisa ciptain jenis layar begituan.

Banyak diminati:  Pilih Mana Samsung S20 FE atau OPPO Reno 6 5G ?

Soalnya bagi mereka kayaknya Nggak ada mustahil ya Soalnya, di Galaxy Z Fold3 ini, Samsung ngebuktiin kalau mereka bisa datengin teknologi yang kedengerannya… kayak ga masuk akal gitu Contohnya Kalau anda adalah tipe orang yang teliti banget soal HP, dan dari tadi udah ngeliatin layar bagian dalem dari Z Fold3 ini, mungkin bakal mikir: wah… dia nggak punya kamera lagi di dalemnya. Itu pemikiran yang wajar banget. Soalnya salah satu ciri khas di HP Fold ini kan, kita memang nggak butuh kamera khusus buat selfie, kita bisa langsung pake kamera belakangnya, dan manfaatin layar cover 6.2 incinya buat preview. Kalau misal kita bisa pake kamera belakang buat selfie… jelas lebih enak ini kan? Ngapain ada kamera depan lagi Tapi sebenernya, Samsung Galaxy Z Fold3 ini punya kamera depan khusus lho, yang memang… agak susah buat keliatan, karena dia udah Ketanem di bawah layar. Baru kali ini sih saya ngeliat teknologi beginian. Dulu sering ada beritanya, kalau ada brand bikin kamera di bawah layar, tapi belum pernah ada yang masuk resmi di Indonesia.

Z Fold3 ini… jadi Hp yang terapin teknologi kayak gituan buat pertama kalinya Cuma, yang harus jadi catetan, kameranya nggak bener bener ilang ya, masih ada tandanya. Nih, kalau kita perhatiin dari deket, bakal keliatan ada buletan item yang agak nyaru gitu? apalagi kalau layar warna item, kayak nggak ketutupan sama sekali Disana tempat kameranya disembunyiin. Resolusinya sendiri 4MP. resolusi yang memang nggak kedengeran gede sama sekali, karena… segitu udah cukup sih. Buat kebutuhan selfie, mau ambil foto ala ala kamera depan yang estetik, tadi udah ada kamera belakang. Faedah kamera depan… 4MP di sini… lebih buat kerjaan video call, meeting online, yang gitu gitu. Karena kerjaan gituan ga cuma butuh kamera depan kan? Tapi butuh layar gede juga biar kita bisa nyambung. Oh iya, layar Z Fold3 ini sendiri sama kayak Z Fold2 kemaren, ukurannya 7.6 inci dengan resolusi 2208×1768 pixel. Udah support refresh rate 120Hz, panelnya Dynamic AMOLED 2x, dan dia punya brightness yang lebih tinggi 29%.

Banyak diminati:  Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan - 10 Jutaan Tahun 2021

Bagian lain yang bikin saya geleng-geleng dari Z Fold3 ini, ada di desainnya. Kalau dinikmatin pake mata doang, keliatannya HP ini kayak sama-sama aja ya sama generasi kemaren Fakta kalau panjang lebar tingginya udah dikecilin 1mm, nggak ngaruh-ngaruh banget. Tapi,kalau misalnya anda udah megang langsung, pasti feelnya bakal berasa beda. Dari bobot juga HP ini udah dibikin lebih enteng juga, dari 282 gram di Z Fold2, jadi 271gram di Z Fold3.

Kalau di seri sebelumnya… pegang hape fold bakal agak berat lama-lama, di Fold3 ini… Samsung keliahatan brusaha ngasih kenyamanan lebih lewat bobot yang lebih enteng. ya itu keren lah, apalagi kalau pertimbangin soal bahan apa yang dipake buat ngebangun nih HP Dari frame dan engselnya, kali ini Samsung pake jenis bahan baru yang dikasih nama Armor Aluminium yang diklaimnya lebih kuat 10% dari generasi sebelumnya. Bahkan mereka berani ngeklaim kalau Armor Aluminium ini… jenis material aluminium paling kuat yang dipake di smartphone Terus kaca yang dipake buat ngelapisin layar depan sama bodi belakang, udah pake kaca Gorilla Glass yang paling bagus juga, Gorilla Glass Victus. Masih belum puas? Samsung Galaxy Z Fold3 ini… juga udah punya rating tahan air IPX8 Hmm, Ini… salah satu bagian yang saya anggep ga masuk akal tadi ya. HP lipet! yang harusnya punya banyak rongganya pas digerak gerakin, bisa tahan air loh walaupun udah dia kecemplung sedalem 1.5m selama 30 menit. Gimana caranya? Di HP biasa, yang nggak foldable, teknologi kayak gini udah biasa lah ya, lebih mudah bikinnya, karena nggak ada bagian yang digerak gerakin. Segel airnya udah fix. Tapi ini HP Fold loh. Ada bagian ekstra yang harus diperhatiin biar dalemannya lebih aman dari air.

Misalnya bagian engsel, yang pasti keekspos air ya Samsung bilang bahannya udah pake yang anti karat punya biar bisa tahan air, terus pelumas engsel yang dipake juga harus dipikirin biar ga kemakan air Saya salut sih mereka sampe niat gini. Kerasa banget niat mereka buat bikin orang bilang “wow” ke HP ini. Biar orang lebih yakin lagi buat pindah ke foldable karena faktor khawatir ini itunya juga diilangin. Buat speknya sendiri tentu aja Z Fold3 udah gila juga. Chipset yang dipake udah Snapdragon 888 5G, RAMnya 12GB dengan pilihan memori internal 512 atau 256GB.

Banyak diminati:  Review Samsung Galaxy A33 5G Indonesia! Spesifikasi dan Harga

Baterenya 4400 mAh, dual speaker, dukung Dolby atmos resolusi kamera belakangnya 12MP semua, mau yang main, ultrawide, ato tele 2x, dan hebatnya… ketiga kameranya itu juga punya OIS semua! Nggak kerasa ada bagian yang ditahan tahan lah dari HP ini. Ini pertaruhan gede Samsung. Harus all out Buat varian warnanya ada 3 pilihan, ada Phantom Black, Phantom Silver, dan yang beda dari biasanya ada Phantom Green. ini cakep sih. Buat harganya sendiri, sampe video ini dibuat saya belum tau. Kalau pas video ini tayang harusnya udah ada ya, karena PO nya udah langsung dimulai. Nanti saya tulis di bawah aja sekalian… linknya kalau misalnya anda pengen ikutan PO. Saya cuma ngarep kalau harganya bisa di bawah seri kemaren ya. Walaupun dia punya banyak inovasi baru, dengan mesin yang paling baru juga, harusnya harganya bisa lebih terjangkau lah karena harusnya Samsung juga udah lebih ahli bikinnya.

Jadi biaya produksi juga bisa lebih efisien. Dan tentu aja, kalau mereka pengen jadiin HP lipet sebagai tren ke depannya, tembok harganya juga harus diturunin biar orang bisa loncat dengan mudah Jangan sampe tembok harga malah jadi penghalang Soalnya kesan awal saya bagus banget lah sama Galaxy Z Fold3 ini, berasa udah mateng banget, bukan sekedar HP konsep lagi. Kalau generasi pertama kan… pas Fold baru dikenalin, kalau ada kurangnya ya okelah. Bisa bikin HP foldable aja udah luar biasa hebat.

Di Fold generasi kedua… Samsung udah benerin yang kurang-kurang dari generasi pertama biar lebih nyaman dipakai sebagai HP. Dan di generasi ketiga ini, udah saatnya Samsung ngasih yang lebih lebih udah saatnya jualan yang banyak, saatnya bersaing dengan ngasih fitur killer kayak S-Pen, terus kamera depan yang kesembunyi dalem layar, bahan terbaik yang bisa dipake di sebuah HP, fitur tahan air yang susah banget buat dibikin di hape lipet, dan tentu aja spek paling baru yang paling bagus yang bisa ditanem.

Jadi ga sabar buat nyobain langsung HPnya sehari hari. Demikian… kesan pertama saya buat Samsung Galaxy Z Fold3.

Sumber: Gadgetin

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol