Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T Pro Indonesia Terbaru 2021

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T Pro Indonesia Terbaru 2021

Xiaomi 11T Pro adalah HP dengan chipset Snapdragon 888 yang paling murah yang bisa kita dapatkan di pasaran Indonesia. HP ini punya mesin yang levelnya paling bengis, yang banyak dipake di HP belasan juta, 20 juta, 30 juta. Tapi coba anda tebak Xiaomi 11T Pro ini harganya berapa? 7 Juta! Itu yang RAMnya 8GB internal 256GB. Kalau mau RAM yang lebih gede, 12GB, nambah 500 ribu lagi.

Sebelum 11T Pro ini, gelar HP dengan Snadragon 888 yang paling murah dipegang oleh Asus Zenfone 8 yang harganya 8 juta, serba 8 tuh HP. Sesuatu yang udah luar biasa, tapi 11T Pro bisa pecahin juga rekornya.

Jadi HP ini, Snapdragon 888 paling murah. Di atas kertas, hebat banget. Tapi setelah saya coba pake, rasanya title barusan jadi agak percuma. Berasa kosong. Soalnya kalau kita udah beli HP dengan chip Snapdragon 888, ekspektasi kita pasti tinggi ya. Pengen nikmatin performa yang gigit. Reputasi kalau dia punya suhu yang tinggi, masih bisa dimaklumin lah. kalau performanya seganas itu kan? Sesuai soalnya. Tapi di Xiaomi 11T Pro ini… Gimana ya ngomongnya… Serasa dibikin setengah ompong gitu. Misalnya pas saya tes benchmark sintetis di AnTuTu 9 ya. biasanya kalau Snapdragon 888 itu, standar angka yang kita dapetin bisa 750 ribuan, bahkan tembus 800 ribu lebih, angka yang bener-bener tinggi. Tapi pas saya coba run di Xiaomi 11T Pro, nilai yang saya dapet cuma 670 ribu.

Ini di bawah Snapdragon 870… Pas tes pertama ini, saya kayak kurang percaya sih kenapa bisa sekecil itu, Mungkin ada bug atau apa jadi langsung saya tes ulang lagi, instal ulang lagi dan hasilnya… yang kedua malah dapetnya 616 ribu, baru nyadar kalau saya nggak kasih jarak yang jauh dari tes pertama, jadi suhu HPnya masih anget. Jadi saya tunggu bentar sampe suhunya aman. Saya jalanin lagi… Tetep nggak bisa tembus 700 ribu, langsung tes lagi turun ke 631ribu, dihajar tes ketiga berturut-turut, turun lagi ke 590 ribu. Manajemen panasnya agresif banget. Mungkin Xiaomi agak trauma sama isu overheatingnya Mi11 di awal tahun ini ya, tuh HP juga pake Snapdragon 888 tapi nggak dikasih limit, bebas ngamuk. Jadi di seri 11T Pro, mereka setting biar kalau panas dikit, performanya langsung direm.

Akhirnya, yah… skornya juga direm juga, nggak bisa tinggi-tinggi banget. Buat percobaan terakhir, biar pastiin kalau ini Snapdragon 888 HPnya saya semburin AC yang dingin banget, sampe suhunya turun ke 20 derajat, terus jalanin AnTuTu lagi, dan baru di sana, kita bisa dapet skor yang sejati di 750 ribu. Lanjut ke gaming, buat tes pemakaian nyatanya. Buat yang enteng-enteng, kita skip aja. Mobile Legends, PUBGM, semua aman. Setting max, frame rate tinggi, dan stabil. Buat beginian, Snapdragon nya ga perlu usaha keras lah, keringetan pun nggak, HP 3-4 juta juga udah lancar buat main game ginian. Kalau anda tahan buat beli HP Snapdragon 888, keluarin duit banyak harusnya beban yang anda kasih bakal lebih berat lagi ya, misalnya buat main Genshin Impact. Dan di game ini… Kasusnya keulang lagi kayak benchmark sintetis. Ini grafik frame ratenya selama main setengah jam di settingan medium. Kalau cuma ngeliat rata rata frame rate, keliatannya lumayan tinggi di 50 fps.

Banyak diminati:  Prosesor Hp Terbaik: Exynos, Snapdragon, atau MedaTek

Tapi pas liat grafiknya, roller coaster banget. 60 fps? Sering. Tapi sering banget juga drop ke 30. Untungnya manajemen frame rate yang agresif gini memang ngasih pengaruh positif lah ke suhunya. Pas saya udah main setengah jam di settingan medium, kondisi ruangan nggak pake AC, titik paling tinggi dari HPnya ada di 42 derajat. dan itu suhu paling rendah buat Snapdragon 888 sih. Itu di setting medium ya, masih bisa ditanganin, tapi kalau kita pake buat main di paling tinggi settingannya, yang paling membagongkan kata orang, HPnya kayak nyerah gitu buat seimbangin frame rate sama suhunya. Awalnya ya masih bisa di 60 fps lah buat 5 menit pertama, terus sampai menit 10, kayak berusaha naik turunin… frame rate biar suhu di HP stabil. Tapi abis 10 menit ke atas HPnya langsung muncul notifikasi overheat, dan mutusin buat dropin aja fpsnya ke angka 20an, biar HPnya sekalian didinginin terus, karena kalau naik turunin, tetap overheat. Ngeliat performa Xiaomi 11T Pro gini, yang frame ratenya naik turun kalau kita setting medium, terus bakal overheat kalau kita paksa setting paling tinggi, rasanya title Snapdragon 888 jadi agak percuma ya.

Naga yang ompong, nggak bisa nyemburin api. Ujung ujungnya jadi mikir: Mending Snapdragon 870 aja nggak sih? Atau malah sekalian 778G aja? Yang powernya memang nggak seganas 888, tapi dari awal suhunya udah lebih stabil dan jatuhnya dapet performa yang sama. Harganya lebih murah lagi. Poco F3… realme GT ME, Neo 2, Samsung A52s… Sebentar, chipset flagship, bukan cuma handal di performa doang? Tapi kameranya juga dapet nilai lebih. Harusnya… Snapdragon 888, ISPnya level tinggi punya. Apalagi kamera Xiaomi 11T Pro ini juga kedengeran garang, 108MP! Tapi lagi lagi ada yang aneh Xiaomi Mi10T Pro kemaren, kameranya udah punya OIS, teknologi yang wajib ada di kamera flagship lah, biar nangkep gambar dengan bisa lebih stabil, dan low light juga lebih tajem. Itu tahun lalu. Tapi tahun ini, sang penerus… Nggak ada itu aneh sih. Percuma chip udah bagus, sensor udah gede, tapi bagian penting kayak OIS malah dihilangin. Kamera utamanya ditemenin oleh kamera ultrawide 8MP dan macro 5MP, telemacro. Kamera depannya 16MP. Hasil fotonya sih… Menurut saya keliatan sama kayak Xiaomi 11T yang sejuta lebih murah.

Banyak diminati:  Harga Hp Poco M3 Ram 4 Gb dan Spesifikasinya

Gambarnya kerasa dikasih sharpening agak lebih, bikin gambarnya kayak lebih tajem dari aslinya, saturasi warnanya juga agak dinaikin, dan di kondisi low light tetep wajib pake nightmode biar hasilnya bisa lebih maksimal. Andai aja udah ada OIS, mungkin lowlightnya… pake mode auto juga udah lebih mendingan. Tapi di sini nggak kayak gitu. Buat kamera depannya dia bisa ngerekam di resolusi 1080p 60 fps kalau… dari detailnya bagus sih kalau dilihat dari preview… Layarnya, mukanya kelihatan lebih detail kamera bagus buat perekaman depannya. Samping… Bagian yang bener-bener unik dari Xiaomi 11T Pro ini, ada di teknologi chargingnya. Mungkin anda udah denger lah ya gosip yang bilang kalau kecepatan ngecas HP ini ngebut banget. Dan itu benar sekali. Dengan batok charger 120 Watt… 2 kali lebih kenceng dari charger brand lain yang 65 watt aja udah termasuk kenceng banget, ini lebih lagi. Ngecas batere 5000 mAh di HP ini pake mode 120 Watt… ya nggak ada mode lain sih… dari 0 ke 100% cuma butuh waktu 16 menit aja. Rata-rata durasi nonton videonya GadgetIn lah. Damn. Chargingnya bisa sekenceng itu karena Xiaomi pake dua sel batere d di dalam HP ini ya, jadi sekali isi bisa langsung ke dua jalur. Soal safetynya, Xiaomi ada bilang kalau HP ini udah dapetin sertifikasi TUV Rheinland safe fast charge system, dan mereka ada ngeklaim kalau baterenya didesain supaya tetep bisa pertahanin 80% kapasitas setelah 800 kali dicas.

Kalau sehari ngecas sekali, kira kira 2 lebih tahun lah. Tapi yang harus jadi catatan, 800 kali casnya itu ada tanda bintang, dan tanda bintang tadi punya arti kalau itu hasil tes Xiaomi di suhu 25 derajat, dingin. Pas saya cas ngebut, suhu HPnya nggak dapet di 25 derajat ya, dapetnya sekitar 37-38 derajat anget-anget dikit kayak HP lain. Jadi kemungkinan setelah 2 tahun, baterenya bakal di bawah 80%. Jadi ya nggak seideal itu lah. Saya ada nyari-nyari settingan biar baterenya kecas dengan pelan kalau misalnya kita lagi butuh yang pelan aja, nggak butuh ngebut, biar lebih awet tapi saya nggak nemu. Mungkin solusinya ya pake charger third party yang support-nya 20 Watt aja kali ya. Kalau 120 Watt itu kitsa simpen aja, colok aja kalau misalnya kita lagi butuh cepet. Tetap nice banget kalau HP ada teknologi kayak gitu. Tapi pakenya jangan reguler lah. Buat daya tahannya sendiri, batere di Xiaomi 11T Pro ini termasuk standar ya. Buat PUBGM setengah jam, 10%, Mobile Legend setengah jam 8%, dan Genshin medium setengah jam 13%. itu termasuk awet.

Banyak diminati:  Review Xiaomi Redmi Note 10 5G - Harga dan Spesifikasi

Sementara buat bagian layarnya, fitur-fiturnya, desainnya, Xiaomi 11T Pro ini ya sama sama aja kayak versi regulernya. Udah jos! Layarnya punya ukuran 6.67 inci AMOLED dengan resolusi Full HD+, Refresh rate di 120Hz, touch sampling di 480Hz, contrast ratio 5 juta : 1, udah dilapisin kaca Goriila Glass Victus yang the best, udah ada NFC, infra red blaster, dual SIM, Wifi 6 mirip-mirip. Sampe ke desainnya juga susah dibedain mana yang versi Pro, dan mana yang versi reguler kalau warnanya sama kayak gini. Bagian yang berasa beda, palingan ada di speakernya aja, yang 11T Pro ini sama-sama stereo, udah support Dolby Atmos, tapi speaker yang ini udah by Harman Kardon, yang… sedap banget di telinga. Vokal jelas, low oke, stagingnya lebih berasa, detil lebih oke, kenceng. Rame lah. Kesimpulan saya buat Xiaomi 11T Pro.

Ini adalah HP yang kedengerannya jempolan, Xiaomi kembali berulah! Nakal, Snapdragon 888 paling murah! Tapi setelah dipake, ternyata ya tinggal nama aja. Performa Snapdragon 888 dipangkas sampe berasa kayak chipset di bawahnya, kualitas kamera yang berasa mirip-mirip sama kamera HP yang sejuta dibawahnya, HP ini agak kebalik dari prinsip di dunia otomotif ya, saya sering denger kalau orang review mobil itu, sering bilang kapasitas mesinnya segini, tapi dia punya turbo… yang bisa ngasih performa Horse Power lebih dari yang seharusnya.

Di 11T Pro ini, dia malah kebalikannya dari turbo…. Obrut! Karena… *tertawa* karena mesin yang punya kapasitas kenceng, tapi performa yang dikasih malah lebih lambat dari seharusnya. Dan masih bisa overheat lagi. Damn. Satu satunya bagian pembeda dari Xiaomi 11T Pro ini, ya ada di chargingnya, yang bakal jadi penyelamat kalau kita lagi kepepet. Saya bilang sih masih lebih worth it Poco F3 atau Xiaomi 11T yang biasa atau malah Mi10T Pro yang tahun kemaren kalau masih bisa nemu. Tuh HP, saking kerennya, aura mendang mendingnya masih bersinar sampe setahun lebih dan bikin penerusnya kerasa kurang oke.

Sumber: gadgetin

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Whatsapp _Pro_v13 50