Telkom Menyediakan Big Data BigBox Gratis Bagi Startup

Telkom Menyediakan Big Data BigBox Gratis Bagi Startup

Telkom Menyediakan Big Data BigBox Gratis Bagi Startup – Telkom Indonesia berencana menawarkan layanan BigBox Big Data gratis kepada startup yang masih dalam tahap awal pengembangan.

Komang Budi Aryasa, Deputy EVP Digital Business Builder Telkom Indonesia, mengatakan Telkom Indonesia akan membuka platform BigBox Big Data secara gratis kepada startup yang baru berdiri sampai startup dapat membayar biaya langganannya.

Dalam sebuah diskusi dengan judul, Big Data, Winning Your Business with Modern End to End Big Data Platform, di Expo Dubai 2020, dikutip dari rilis pers, Minggu (9/1/2022), ia mengatakan bahwa Telkom memiliki rencana untuk memberikan versi gratis dari platform BigBox dan juga memberikan kredit bagi startup atau UMKM”.

BigBox adalah platform big data komprehensif yang didirikan Telkom sejak 2017. Sejak awal, platform BigBox hanya tersedia secara lokal melalui sekitar 20 data center Telkom di Indonesia.

Namun, Komang mengatakan Telkom berencana untuk memindahkan beberapa platform BigBox ke cloud, yang akan memungkinkan perusahaan rintisan dan usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan versi gratis.

“Kami berencana untuk memindahkan beberapa platform BigBox ke cloud sejak pertengahan tahun lalu,” kata Komang.

Menurutnya, setelah platform BigBox pindah ke cloud, Telkom berencana memberikan akses kepada startup dan UMKM untuk mengeksplorasi data dan fitur di cloud dan memberikan kredit pada titik waktu tertentu.

Menurut laporan tahun 2020 oleh firma riset pasar Gartner, ukuran pasar platform big data di Indonesia diperkirakan mencapai $725 juta pada tahun 2025.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol