8 Masalah Zoom yang Paling Umum dan Cara Memperbaikinya

Telecommuting sekarang lebih populer dari sebelumnya, dengan ribuan perusahaan beralih ke konferensi video untuk menjaga karyawan mereka tetap terhubung. Zoom dan alat rapat online lainnya membuatnya lebih mudah dari sebelumnya, tetapi seperti perangkat lunak lainnya, masalah akan muncul dan mengganggu atau bahkan menghalangi panggilan video yang bagus.

Untungnya, meskipun ada pemadaman layanan yang tidak dapat Anda lakukan banyak hal, Anda sering kali dapat memperbaiki sendiri masalah yang biasa terjadi. Untuk membantu membuat panggilan Zoom Anda berfungsi dengan baik, kami telah mengumpulkan masalah Zoom paling umum yang dihadapi pengguna dan telah memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara mengatasinya.

Masalah Zoom: Kamera web atau audio tidak berfungsi

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada kamera web atau audio Anda tidak berfungsi pada panggilan Zoom. Jika kamera web Anda tidak muncul atau dipilih tetapi tidak berfungsi, coba beberapa tip dasar ini terlebih dahulu.

Solusi 1: Periksa pengaturan Zoom

Pada pop-up yang meminta ID rapat sebelum bergabung dalam panggilan, biarkan pengaturan berikut tidak dicentang:

  • Do Not Connect to Audio (Jangan Terhubung ke Audio)
  • Turn Off My Video (Matikan Video Saya)

Ini memungkinkan Anda untuk bergabung dengan panggilan dengan audio dan video Anda diaktifkan secara otomatis.

Solusi 2: Keluar dari aplikasi terkait lainnya

Jika kamera web Anda tidak muncul, pastikan semua program lain yang menggunakan kamera web ditutup. Zoom mungkin tidak dapat menggunakan kamera jika sedang diakses oleh aplikasi lain.

Solusi 3: Uji audio dan video

Jika kamera web atau audio Anda masih tidak berfungsi, Anda dapat menguji audio dan video Anda dalam Zoom dengan mengeklik tautan ini. Setelah terbuka, Anda dapat bergabung dengan tes panggilan di aplikasi Zoom dan mengikuti instruksi di layar.

Jika Anda telah bergabung di web (atau hanya untuk memeriksa ulang kamera web Anda di aplikasi Zoom utama), Anda juga dapat memilih kamera web Anda dengan mengeklik Mulai Video (mungkin tertulis Hentikan Video jika Anda sedang menelepon) di toolbar bawah. Jika layar kosong, Anda kemudian dapat mengklik ikon panah di sebelah ikon kamera video dan memilih Sama seperti Sistem (atau Anda mungkin melihat Kamera Terintegrasi) atau webcam bernama yang lebih spesifik dari daftar.

Banyak diminati:  Call Over Internet Zoom Artinya
Zoom Meeting Interface

Solusi 4: Periksa pengaturan PC

Terkadang masalahnya mungkin bukan Zoom sama sekali. Jika Anda menggunakan PC Windows 10 atau Mac, kamera web mungkin diblokir. Anda dapat memperbaikinya dengan memeriksa izin aplikasi Anda untuk memastikan aplikasi Zoom atau browser web Anda dapat menggunakan webcam Anda.

Khususnya di web, Anda juga dapat memeriksa setelan ini dengan memulai ulang panggilan Anda dan memastikan Anda menekan Izinkan saat diminta tentang akses kamera dan mikrofon.

Windows 10

Masukkan “webcam” di kotak pencarian bilah tugas dan pilih Pilih Aplikasi Yang Dapat Mengakses Kamera Anda dari menu. Gulir ke bawah, dan Anda akan melihat daftar Microsoft Store dan aplikasi desktop yang diizinkan untuk menggunakan webcam Anda.

Untuk aplikasi non-Microsoft Store, seperti Zoom, Anda harus memastikan pengalih untuk Izinkan Aplikasi Desktop Mengakses Kamera Anda dialihkan ke posisi Aktif.

Dengan cara yang sama, Anda juga dapat mencari Mikrofon dan memilih Pengaturan Privasi Mikrofon untuk melakukan hal yang sama.

MacOS

Buka System Preferences dan pilih Security and Privacy. Setelah itu, klik ikon gembok dan masukkan kata sandi Anda untuk melakukan perubahan. Anda kemudian dapat mengklik Kamera dari bar samping dan memastikan browser web dan Zoom dicentang. Anda juga ingin memastikan kotak untuk mikrofon dicentang.

Catatan: Beberapa laptop juga memiliki sakelar webcam fisik yang harus diaktifkan agar webcam berfungsi dengan baik. Periksa kembali apakah milik Anda ada di posisi yang benar jika Anda memilikinya.

Solusi 5: Instal ulang Zoom

Jika semuanya gagal, hapus instalan perangkat lunak. Lain kali Anda mencoba untuk bergabung atau memulai rapat, klien browser web harus mengunduh perangkat lunak untuk Anda. Anda juga dapat menginstal perangkat lunak secara manual dari Zoom.

Masalah Zoom: Gema selama panggilan

Masalah umum lainnya dengan Zoom adalah gema audio selama rapat. Jika Anda mendengar gema audio atau umpan balik, ada tiga kemungkinan alasannya.

Solusi 1: Batasi input

Seseorang dapat mengaktifkan audio komputer dan telepon pada saat yang bersamaan. Dalam kasus ini, minta mereka untuk menutup panggilan telepon atau keluar dari audio berbasis PC selama konferensi dengan mengklik ikon panah atas di sebelah ikon mikrofon dan memilih Tinggalkan Audio Komputer.

Solusi 2: Pindahkan atau nonaktifkan speaker eksternal

Speaker komputer atau telepon mungkin terlalu dekat satu sama lain. Mintalah dua orang yang terlalu dekat satu sama lain untuk menjauh atau menutup pintu. Anda juga dapat meminta salah satu dari mereka untuk meninggalkan konferensi audio atau membisukan audio di perangkat mereka. Menggunakan headphone juga membantu mengurangi efek gema.

Solusi 3: Nonaktifkan audio tambahan

Beberapa komputer dengan audio aktif dapat berada di ruang konferensi yang sama. Sekali lagi, mintalah dua orang yang terlalu dekat satu sama lain untuk menjauh atau menutup pintu. Anda juga dapat meminta salah satu dari mereka untuk meninggalkan konferensi audio, membisukan audio di perangkat mereka, atau memakai headphone.

Banyak diminati:  Panduan Langkah Cara Menggunakan Aplikasi Zoom (2021)

Masalah: Zoom tertinggal atau macet selama rapat

Tertinggal dan membeku biasanya menunjukkan masalah dengan koneksi internet Anda.

Solusi 1: Ubah koneksi

Di perangkat seluler, pindahlah ke area dengan koneksi yang lebih baik untuk melihat apakah ini membantu. Pada PC, tetap gunakan koneksi Ethernet kabel, jika memungkinkan. Jika tidak, dekati router lokal dan gunakan koneksi 5 GHz – lebih cepat dan (biasanya) tidak terlalu padat. Jika Anda memerlukan peningkatan, berikut panduan kami untuk router nirkabel terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Solusi 2: Periksa kecepatan koneksi

Targetkan kecepatan internet yang tepat untuk obrolan video yang sukses. Saat berbicara dengan banyak orang dalam pengaturan tim, Anda menginginkan kecepatan unggah sekitar 1Mbps dan kecepatan unduh sekitar 600Kbps. Anda selalu dapat memeriksa kecepatan Anda saat ini dengan tes kecepatan internet cepat. Jika kecepatan tidak diinginkan, ulangi Solusi 1. Selain itu, Anda dapat melihat tip kami tentang cara meningkatkan kecepatan internet.

Solusi 3: Sesuaikan pengaturan Zoom

Coba hapus centang pada opsi HD dan Touch Up My Appearance. Untuk mengakses opsi ini, klik ikon roda gigi (Pengaturan) pada layar utama aplikasi desktop Zoom, atau klik ikon panah di dalam ikon kamera video selama panggilan dan kemudian pilih Pengaturan Video pada menu pop-up. Setelah itu, pilih kategori Video yang tercantum di sebelah kiri (jika belum dipilih).

Dengan menghapus centang kedua opsi ini, Anda akan mengurangi jumlah bandwidth yang dibutuhkan koneksi video Anda (dan overhead pada perangkat keras sistem Anda), yang dapat membantu memperbaiki masalah dengan kelambatan.

Masalah Zoom: Tidak dapat membagikan layar

Zoom Meeting Share Screen

Berbagi layar Anda adalah bagian penting dari banyak panggilan Zoom. Semudah mengklik Bagikan Layar di bagian bawah jendela. Jika Anda berencana untuk berbagi layar selama panggilan, periksa beberapa setelan terlebih dahulu.

Solusi 1: Periksa koneksi Anda

Berbagi layar Anda membutuhkan banyak bandwidth. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat dan Anda terhubung ke panggilan. Gunakan koneksi kabel, jika tersedia, untuk kinerja terbaik.

Solusi 2: Coba rapat Bagikan Layar

Pada layar awal, klik ikon panah bawah di samping Rapat Baru dan hapus centang Mulai Dengan Video. Rapat Anda kemudian akan dimulai hanya dengan audio, membebaskan bandwidth. Video Anda tidak akan dihidupkan secara otomatis.

Atau, jika Anda sedang menelepon dan ingin berbagi layar, matikan video Anda dengan mengeklik tombol Hentikan Video lalu pilih tombol Bagikan Layar berwarna hijau.

Masalah Zoom: Tidak ada remote control saat berbagi layar

Saat berbagi layar Anda, penampil dapat meminta remote control untuk membantu Anda memecahkan masalah atau menjelaskan proses dengan lebih jelas. Alat ini terdaftar sebagai Minta Remote Control di bawah Opsi Tampilan dan dapat diakses kapan saja saat berbagi layar. Jika Anda ingin mengaktifkan remote control, tetapi tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa kemungkinan masalah yang perlu dipertimbangkan.

Solusi 1: Izinkan remote control

Kemungkinan besar, sharer (host) tidak menyetujui permintaan remote control. Pemberitahuan akan muncul di layar mereka, dan mereka harus memilih Izinkan untuk mengaktifkan remote control.

Banyak diminati:  Cara Share Audio di Google Meet dan Video

Solusi 2: Jangan ganggu PC host

Pembagi (host) mungkin mengganggu proses. Secara teknis, orang yang berbagi layarnya dapat menghentikan remote control kapan saja dengan mengklik mouse mereka. Selalu tinggalkan komputer host sendiri saat penampil (klien) menggunakan kendali jarak jauh.

Solusi 3: Temukan perangkat yang kompatibel

Anda mungkin menggunakan perangkat yang salah. Perangkat iPad dan Android, misalnya, tidak dapat memberi atau meminta kendali jarak jauh, tetapi orang lain dapat memberi mereka kendali.

Masalah: Tidak ada pesan email dari Zoom

Masalah umum lainnya adalah tidak dapat menerima pesan email dari Zoom. Ini dapat mencakup pemberitahuan dan email aktivasi. Ini bisa memakan waktu hingga 30 menit untuk sampai dan bisa lebih lama. Jika tidak sampai, Anda perlu memastikan bahwa email Anda dikonfigurasi dengan benar.

Biasanya, ini bukanlah sesuatu di pihak Anda, jadi Anda perlu meminta departemen TI Anda untuk memasukkan alamat IP email Zoom ke daftar putih. Jika Anda menggunakan Gmail atau layanan email pribadi, periksa juga akun spam Anda. Email akan datang dari no-reply@zoom.us.

Masalah: Zoom macet

Masalah: Zoom dibom!

Ya, pemboman Zoom adalah suatu hal. Mengikuti pertemuan pribadi dan mengacaukannya dengan apa pun mulai dari musik yang menggelegar hingga film porno – bahkan ruang sidang pun tidak kebal. Jika seseorang mengebom rapat Anda di masa lalu, ada satu solusi yang sangat efektif untuk mencegah invasi di masa mendatang.

Membutuhkan kode sandi!

Penyelenggara yang membuat rapat dan mengirimkan undangan dapat meminta semua peserta untuk memasukkan kode sandi sebelum bergabung. Itu berarti orang asing kesulitan menemukan cara untuk mampir. Faktanya, mulai pembaruan Mei 2020, mengharuskan kata sandi disetel sebagai default – cukup perbarui Zoom untuk mulai menggunakan fitur ini.

Dan jika Anda khawatir tentang peretasan dengan cara yang lebih rumit, ada kabar baik: Zoom menghadirkan enkripsi ujung ke ujung ke semua rapat – tidak hanya ke versi berbayar. Pratinjau teknis dimulai pada Oktober 2020.

Pada akhirnya, ini akan membantu melindungi konten dan mencegah versi bom Zoom yang lebih canggih bahkan jika Anda menggunakan akun gratis.

Sumber: https://www.digitaltrends.com/computing/common-problems-with-zoom-and-how-to-fix-them/