Diablo Immortal Menghasilkan Rp15 Miliar Per Hari Di tengah Hujan Kritik

Diablo Immortal Menghasilkan Rp15 Miliar Per Hari Di tengah Hujan Kritik

Diablo Immortal Menghasilkan Rp15 Miliar Per Hari Di tengah Hujan Kritik – Pada 2 Juni, Blizzard Entertainment merilis Diablo Immortal, game terbaru bergenre petualangan, secara gratis di platform Android, iOS, dan PC.

Gim ini tidak meluncur dengan mulus karena melibatkan kritik dari pengguna.

Salah satu kritik dari banyak pengguna di Internet adalah terkait dengan transaksi mikro. Ini adalah fitur premium yang memungkinkan pengguna untuk menikmati banyak fitur tambahan dari permainan dengan uang sungguhan dan dikatakan dapat menakuti pemain yang bermain secara gratis.

Bahkan, saluran YouTube bernama “Bellular News” menyatakan bahwa dibutuhkan biaya sekitar $110.000 (sekitar Rp 1,5 miliar) untuk memaksimalkan kemampuan karakter dalam game.

Meskipun banyak kritik, permainan itu disebut “cuan” dan menghasilkan banyak uang dari Blizzard Entertainment. Setidaknya itu karena laporan yang baru-baru ini dirilis oleh firma riset pasar aplikasi Appmagic.

Sebuah laporan hasil kolaborasi dengan MobileGamer.biz mengklaim bahwa total pendapatan yang dihasilkan Diablo Immortal melebihi US$ 1 juta per hari.

Dalam 30 hari sejak diluncurkan, pendapatan harian tertinggi terjadi pada 11 Juni 2022, mencapai US$2,4 juta (sekitar Rp35,9 miliar).

Diablo Immortal dikatakan telah memperoleh total US$49 juta (sekitar Rp 733 miliar) dalam 30 hari sejak diluncurkan.

Sebagai perbandingan, total pendapatan ini jauh lebih tinggi dari game smartphone lain yang dirilis oleh Electronic Arts (EA), Apex Legends Mobile.

Berdasarkan catatan Appmagic dan MobileGamer.biz, game ini hanya meraup US$11,6 juta (sekitar Rp 173 miliar) di bulan pertama peluncurannya.

Harap diperhatikan bahwa pendapatan dalam laporan ini adalah pendapatan bersih yang diperoleh pengembang game yang dikenai pajak oleh platform aplikasi seperti Apple dan Google.

Banyak diminati:  5 Game Horor Multiplayer Terbaik Untuk Android!

Artinya jumlah pendapatan “nyata” Diablo Immortal dan Apex Legends Mobile bisa lebih tinggi dari angka-angka di atas.

Selain total pendapatan, laporan ini juga mengungkap jumlah game Diablo Immortal yang diunduh oleh pengguna.

Sejak 30 hari dirilis, game tersebut telah diunduh sebanyak 10,35 juta kali, lebih sedikit dari Apex Legends Mobile yang jumlah unduhannya diklaim sudah diunduh sebanyak 21,8 juta kali..

Dengan kata lain, meski jumlah unduhannya tidak sebanyak Apex Legends Mobile, pemain bisa dibilang lebih banyak uang dihabiskan di game Diablo Immortal dibandingkan Apex Legends Mobile.

Apa itu Diablo Immortal?

Seperti diwartakan sebelumnya, Diablo Immortal merupakan game gratis (free to play) yang tersedia di platform Android, iOS, danPC.

Diablo Immortal adalah game Massively Multiplayer Online Action Role-playing (MMOARPG) yang memungkinkan pemain untuk mengambil peran pahlawan dari enam jenis peran (kategori) yang berbeda.

Enam kelas yang terlibat termasuk Barbarian, Crusader, Demon Hunter, Monk, Necromancer, dan Wizard.

Pemain dengan kemampuan tempur khusus yang berbeda dapat menggunakan keterampilan karakter mereka untuk melawan berbagai jenis monster, termasuk Skeleton King, Baal, Countess, sampai Glacial Colossus.

Diablo Immortal juga mendukung kemampuan multiplayer yang memungkinkan pemain bermain secara bersamaan dengan banyak pengguna, baik itu pemain Android, iOS, maupun PC.