Bagaimana Google Menghasilkan Uang? Penjelasan tentang Model Bisnis Google

Bagaimana Google Menghasilkan Uang? Penjelasan tentang Model Bisnis Google

Bagaimana Google Menghasilkan Uang? Penjelasan tentang Model Bisnis Google – Tahukah Anda bahwa perusahaan induk Google, Alphabet , meskipun memiliki beberapa perusahaan di berbagai industri, selain Google sendiri, mendapatkan sebanyak 85% pendapatannya dari iklan pada tahun 2018? Itu akan mencapai sekitar $116 miliar menurut Statista.com. Itu banyak uang, tetapi bagaimana Google menghasilkan semua uangnya dari iklan? Baiklah, mari selami sedikit lebih dalam. Jika Anda harus memecahnya, Google mengandalkan tiga pemain kunci.

Pengguna, bisnis, dan penerbit.

Pengguna Tidak Perlu Membayar Apapun Agar Google Menghasilkan Uang

Untuk pengguna, Google memiliki proposisi nilai yang sederhana namun kuat. Anda dapat menemukan jawaban untuk apa pun di sana. Jika Google tidak memiliki mesin pencari luar biasa yang akan digunakan jutaan orang setiap hari, Anda tidak perlu menggunakannya saat itu. Rahasianya di sini adalah bagaimana mereka mengatur informasi yang tersedia di web dan membuatnya melalui pencarian sederhana. Mereka dapat memindai jutaan halaman web dalam waktu kurang dari satu detik dan memberikan pencarian itu kepada siapa pun secara teori, dan itu akan relevan dengan frasa pencarian apa pun yang Anda masukkan di browser.

Itu membuat hidup Anda mudah karena Anda tidak perlu terus mencari browser dan situs web yang berbeda untuk menemukan informasi yang Anda cari. Jadi intinya, pengguna tidak perlu membayar apa pun agar Google menghasilkan uang, yang akan saya bahas selanjutnya.

Google Menghasilkan Sebagian Besar Pendapatannya Melalui Iklan

Untuk bisnis, itu tidak menjadi jauh lebih rumit. Proposisi nilainya adalah saya mendapatkan lebih banyak penjualan melalui iklan bertarget.

Karena Google menghasilkan sebagian besar pendapatannya melalui iklan dan pendapatan itu dihasilkan dari dua jenis iklan, iklan penelusuran dan iklan bergambar.

Iklan Penelusuran

Iklan penelusuran adalah iklan yang Anda lihat saat melakukan penelusuran di Google. Iklan ini sangat kuat karena memungkinkan bisnis membayar sejumlah uang untuk tampil di depan audiens yang tepat yang ingin mereka jual. Apakah pengguna mencari informasi keuangan, perbandingan produk, ingin membeli sesuatu yang spesifik di area lokal mereka, bisnis bersedia membayar banyak uang untuk tampil di depan pelanggan yang tepat, dan pengiklan membayar Google setiap kali pengunjung mengkliknya iklan. Dengan kata lain, ini adalah model biaya per klik. Sebuah klik dapat bernilai mulai dari beberapa sen hingga lebih dari $50 untuk istilah penelusuran yang sangat kompetitif seperti asuransi mobil atau pinjaman atau layanan keuangan lainnya.

Iklan Bergambar

Sekarang iklan bergambar sedikit berbeda. Google memiliki banyak tempat untuk menampilkan iklan kepada pengguna. Gmail, YouTube, Google Maps, bahkan Mitra Google Adsense, heck, bahkan aplikasi seluler, dan daftarnya terus bertambah saat Google mengakuisisi lebih banyak perusahaan dan berinovasi seperti cara mereka mengakuisisi Waze. Hal besar tentang bentuk iklan ini adalah Google menganalisis konteks setiap halaman web atau aplikasi serta mencocokkan apa yang ingin Anda dapatkan dari sudut pandang pelanggan dengan iklan Anda. Jadi mereka mengawinkan keduanya bersama-sama.

Mereka tidak hanya menempatkan iklan asuransi mobil Anda di situs acak, mereka ingin memastikannya relevan dengan situs itu, dan pengguna juga mencari produk atau layanan yang Anda jual, dan untuk penayang, nilainya adalah nilai uang yang dapat Anda hasilkan dengan memonetisasi konten Anda, juga lalu lintas organik Anda melalui Google. Pemilik situs web memiliki kesempatan untuk memasukkan Iklan Adsense di situs web mereka dan menghasilkan uang setiap kali seseorang mengklik iklan tersebut. Pengembang aplikasi seluler memiliki kesempatan untuk memonetisasi aplikasi mereka dengan cara yang sama. Tidak hanya itu, setiap kali mereka mengeluarkan lebih banyak konten di Google, Anda juga dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik, dan beberapa dari orang tersebut berpotensi mengklik iklan Anda.

Pendapatan Google sebagian besar masih tumbuh dengan cepat seperti yang terjadi lebih dari 10 tahun yang lalu.

Raksasa teknologi itu masih melaporkan pertumbuhan pendapatan sekitar 20%, dan itu agak gila mengingat seberapa besar perusahaannya dan mereka sudah menghasilkan pendapatan lebih dari $100 miliar. Namun Google tidak mau hanya mengandalkan iklan. Mereka juga mendapatkan pendapatan dari taruhan lain, anak perusahaan lain yang telah mereka peroleh dan kembangkan selama bertahun-tahun. Dari 0,8 miliar pada tahun 2009 menjadi lebih dari 20,5 miliar pada tahun 2018. Naik dari 3,2% pendapatan pada tahun 2009 menjadi lebih dari 15% pada tahun 2018, dan jumlah tersebut terus meningkat dari tahun 2019 menjadi 20 dan 21, dan seterusnya.

Toko Aplikasi Google Tumbuh Lebih dari 27,3%

Harapkan angka itu untuk terus meningkat. Toko aplikasi Google sendiri memiliki pertumbuhan pendapatan lebih dari 27,3% dibandingkan tahun sebelumnya menurut Sensor Tower. Sekarang, Alphabet adalah perusahaan besar yang mencakup segala hal mulai dari internet yang memancarkan balon udara hingga mobil yang bisa mengemudi sendiri hingga Google Cloud. Selama orang terus menggunakan Google, semakin banyak menemukan informasi secara online, itu akan terus meningkatkan pendapatan mereka, yang pada gilirannya, akan membantu area lain dari semua bisnis lain plus Anda sebagai pemilik bisnis karena semakin banyak orang yang menarik Google ke ekosistem mereka , semakin besar potensi yang Anda miliki untuk mendorong lebih banyak orang ke bisnis Anda baik dari listingan berbayar maupun organik.