Cara Menawar di Alibaba yang Efektif agar Berhasil

Cara Menawar di Alibaba yang Efektif agar Berhasil

Bagaimana cara menawar di Alibaba yang efektif agar berhasil bisa dapat harga yang murah ? Seperti kita ketahui bahwa marketplace Alibaba memang sedikit berbeda dengan marketplace lainnya.

Hampir kebanyakan penjualnya adalah kelas grosir atau lebih tepatnya adalah super grosir yang hanya melayani penjualan dalam jumlah besar.

Alibaba memang menggunakan skema B2B atau Business to Business yang lebih mengutamakan bertemu nya sesama pedagang agar bisa dijual kembali.

Kebanyakan penjual Alibaba sudah tentu berasal dari negara Tiongkok, sedangkan pembelinya berasal dari luar Tiongkok seperti negara-negara Asean yang termasuk Indonesia.

Apabila anda ingin berjualan secara online seperti di Tokopedia, Shopee atau bukalapak maka bisa belanja barang dagangannya dari Alibaba.

Perlu anda ketahui bahwa para suplier dari Alibaba memang kebanyakan merupakan tangan pertama yang artinya jika beli langsung dari sini anda bisa jual lagi dengan harga bersaing dengan keuntungan yang lebih besar.

Namun sayangnya masih banyak yang belum mengerti cara menawar yang benar agar bisa dapat harga murah saat membeli barang di Alibaba.

Sebab kebanyakan seller dari Alibaba memang memperbolehkan terjadinya tawar menawar harga. Sedangkan harga yang di etalase adalah harga formalitas saja, alias harga normal yang sebenarnya memang bisa lebih murah lagi.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana cara yang efektif agar bisa mendapatkan harga murah dari Alibaba.

Kuasai bahasa mandarin

Sudah tentu bahasa Indonesia tidak akan terpakai disini karena kebanyakan penjualnya adalah orang Chinese asal negeri Tiongkok.

Menggunakan bahasa inggris memang bisa menjadi alternatif agar anda bisa berkomunikasi dengan baik ke para penjualnya. Namun hal itu ternyata masih belum cukup apabila anda ingin menjadi smart bargain untuk dapat harga murah.

Banyak diminati:  Rekomendasi Toko Online Terbaik dalam Negeri dan Luar Negeri

Dengan menggunakan bahasa mandarin tentunya komunikasi antara pembeli dan penjual bisa lebih baik lagi. Sebab ada rasa kedekatan sendiri agar anda bisa menjadi lebih dekat dengan sang penjual.

Apabila anda sudah bisa berbicara mandarin dengan baik maka tentunya proses tawar menawar bisa berjalan dengan lancar. Namun jika tidak anda masih bisa menawar dengan bahasa inggris meskipun prosesnya tidak sebagus bahasa mandarin.

Saat ini belajar bahasa Mandarin sudah menjadi suatu keharusan setelah mempelajari bahasa Inggris. Terutama untuk anda yang ingin bisa berbisnis dengan orang-orang Tiongkok supaya bisa berkomuniksasi dengan lebih baik lagi.

Beli dalam jumlah banyak

Jumlah barang yang ingin anda beli tentunya sangat menentukan penjual untuk memberikan harga terbaiknya. Perlu anda ketahui bahwa kebanyakan suplier asal Tiongkok ini menjual produknya dengan keuntungan yang sudah sangat tipis sekali.

Sehingga baru mau memberikan potongan harga atau harga spesial apabila anda ingin membeli atau memesan barangnya dengan jumlah yang sangat banyak.

Biasanya para suplier telah memberikan harga pada etalase di Alibaba untuk jumlah pembelian tertentu. Contohnya saja seperti

1. beli 10 ribu pcs = Rp 5000 per pcs
2. beli 50 ribu pcs = Rp 4950 per pcs
3. beli 100 ribu pcs = Rp 4800 per pcs

Pura-pura membatalkan pesanan

Salah satu teknik jitu dalam tawar menawar adalah jangan menunjukkan kalau anda benar-benar sedang ingin membeli sekali barang tersebut.

Apabila harga yang anda tawarkan tidak disetujui oleh suplier maka berpura-puralah untuk membatalkan pesanan. Cara ini biasanya efektif agar suplier mau menurunkan harga atau memberikan harga yang lebih murah untuk anda beli.

Jika harga sudah deal barulah anda bisa melakukan transaksi pembayaran melalui Alibaba.