Cara Memulai Bisnis Toko Online Tanpa Modal!

penarikan benda pusaka wewe gombel di lereng gunung ciremai terbaru 2023 asli tanpa rekayasa (1)

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online Tanpa Modal?!

Modal mungkin saja menjadi kendala yang menghambat banyak orang untuk memulai sebuah bisnis, termasuk juga bisnis toko online. Tapi sebenarnya kalau kita tahu strateginya, meskipun tanpa modal kita bisa memulai bisnis toko online yang kini banyak menginspirasi banyak orang dari berbagai kalangan untuk memiliki bisnis sendiri.

Anda bisa memiliki bisnis toko online hanya dengan modal koneksi internet saja. Ini serius, karena semua rangkaian bisnis toko online bisa dimulai dengan cara-cara yang gratisan terlebih dulu. Anda bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini :

Memilih Jenis Produk

Agar bisa memulai bisnis toko online tentunya kita harus menyediakan sebuah produk. Tetapi tidak semua produk akan cocok untuk anda jadikan bisnis. Banyak pertimbangan yang mempengaruhi sukses tidaknya sebuah produk dijual melalui toko online. Terutama kebutuhan para netizen (pengguna internet) terhadap produk tersebut.

Nah, untuk mengetahui produk apa yang akan laku dijual anda bisa menggunakan beberapa cara berikut :

  • Gunakan situs google trends untuk menganalisa keinginan pasar.
  • Kunjungi situs jual beli online ( Market Place ) dan cari item best sellernya.
  • Manfaatkan forum-forum diskusi untuk mengintip trend apa yang banyak dibicarakan.

Masih banyak cara lainnya, tapi dengan ketiga cara diatas sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan jenis produk yang tepat.

Mencari Suplier Produk

Ini adalah salah satu cara yang paling gampang memulai bisnis toko online tanpa harus keluar modal untuk membeli stok barang. Maksudnya, anda hanya membeli barang tersebut jika sudah ada pembelinya. Pilih suplier yang memberikan kemudahan, misalnya tidak perlu deposit, bisa kirim barang langsung ke pembeli atas nama anda (Drop Shipping), harga produk bisa bersaing, dll.

Membuat Toko Online Gratis

Memang tanpa toko online pun anda sudah bisa menjual melalui facebook, twitter, grup2, dan lain sebagainya. Tetapi kalau anda ingin serius di bisnis toko online, memiliki toko online sendiri adalah suatu keharusan. Tenang, tidak seperti yang anda bayangkan, membuat toko online itu sangatlah mudah meskipun anda tidak memiliki keahlian khusus. Bahkan anda bisa membuatnya kurang dari 30 menit.

Mendatangkan Banyak Pelanggan

Saya rasa ini langkah yang paling menantang ketika kita ingin menjalankan sebuah peluang bisnis, termasuk juga bisnis toko online. Ingat, saya tidak mengatakan ini sulit, tetapi sesuatu yang menantang, agar anda termotivasi dan tidak berhenti sampai pada langkah ini. Ada banyak sebenarnya cara untuk promosi atau memarketingkan bisnis di dunia online.

Anda ingat musim kampanye beberapa waktu yang lalu?, pada saat itu diberbagai media sosial atau situs-situs berita begitu maraknya komen-komen yang menyerukan masing-masing capresnya. Saya hanya membayangkan bagaimana kalau semangat seperti itu juga digunakan untuk memperomosikan sebuah bisnis, bukankah akan luar biasa hasilnya?!

Tapi saya tidak mengajak anda untuk menebar spam dimana-mana, yang kita ambil hanyalah semangat dan sikap militannya yang sungguh sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Pada intinya untuk mempromosikan toko online ya mirip-mirip seperti yang anda saksikan saat kampanye waktu itu. Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, instagram, google plus, forum – forum diskusi, lapak jual beli, dan sebagainya.

Nah, apakah sekarang anda yakin bahwa untuk memulai bisnis toko online itu tidak tergantung seberapa besar modal anda?!