Cara Cepat Upload File Ke Hosting Menggunakan Cpanel!

Tips Cara Cepat Upload File Ke Hosting Dengan Cpanel

Upload file dan folder ke sever hosting memang banyak cara yang bisa kita tempuh. Yang saya anggap paling mudah untuk mengupload file ke hosting adalah dengan menggunakan ftp software filezilla. Dengan software gratis ini, mengupload file jadi semudah memindahkannya dalam satu komputer saja.

Tapi apa jadinya kalau suatu saat kita tidak bisa terkoneksi dengan ftp software ke server hosting. Mungkin anda akan sedikit panik ..

Tenang, anda masih bisa menggunakan cpanel untuk mengupload file dan folder ke server hosting . Tapi memang caranya agak sedikit berbeda. Misalnya saja, untuk mengupload folder anda tidak bisa langsung seperti menggunakan ftp software. Atau dengan kata lain, anda hanya bisa mengupload file satu demi satu.

Berikut ini contoh upload file ke hosting melalui cpanel hosting!

Login ke cpanel web hosting anda.

Pilih menu File Manager dan Klik “Go”.

Tentukan direktori tempat anda ingin mengupload foder atau file. Semisal anda ingin mengupload folder/file pada direktori  “Namawebiteanda.com/wp-conten/themes”. Ini contohnya :

Kemudian klik upload!

Pilih file atau folder yang tersimpan di hardisk komputer anda yang ingin diupload.

Perbedaan menguopload melalui cpanel ini anda tidak bisa mengupload folder semudah melalui software ftp filezilla. Jadi caranya dengan merubah folder tersebut dalam bentuk .zip. Ingat ya, dalam bentuk .zip..

Dalam hal ini di komputer saya telah terinstall winrar ( Salah satu software file compressor ).

Klik kanan pada folder yang ingin anda upload. Dan cari menu “Add to archive”.

Pilih ZIP dan enter/OK.

Jika prosesnya sudah selesai, file anda siap diupload ke server hosting anda. Caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Tunggu sampai file anda selesai diupload. Selanjutnya klik kanan pada file .zip tersebut dan pilih “Extract”.

Sampai disini anda sudah memiliki folder pada direktori yang anda inginkan. Delete file zip yang anda upload tadi supaya tidak memenuhi bandwith hosting anda.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol